Home Berita Tata Cara Membayar Zakat Fitrah Online, Beserta Waktu dan Niatnya

Tata Cara Membayar Zakat Fitrah Online, Beserta Waktu dan Niatnya

0
Photo by Timur Weber

Zakat Fitrah adalah kewajiban bagi umat Islam untuk membayar zakat sebelum Idul Fitri. Zakat Fitrah termasuk zakat yang harus dikeluarkan untuk setiap jiwa, baik laki-laki maupun perempuan.

Zakat fitrah dibayarkan sebelum Idul Fitri kepada mereka berhak menerima. Zakat merupakan salah satu dari empat rukun Islam yang penting dalam menyempurnakan keimanan seseorang.

Berapa Besar Zakat Fitrah?
Besaran zakat fitrah adalah makanan pokok atau beras seberat 2,5 kg atau 3,5 liter per orang. Zakat fitrah dapat dibayarkan secara tunai dan setara dengan harga beras seberat 2,5 kg.

Dari SK Ketua BAZNAS No. 10 Tahun 2022 tentang Zakat Fitrah dan Fidyah, besaran Zakat Fitrah di DKI Jakarta dan sekitarnya adalah Rp 45.000,00 per orang.

Waktu Membayar Zakat Fitrah
Beberapa ulama berpendapat dari baznas.go.id tentang waktu membayar Zakat Fitrah. Menurut Imam Syafii dan Imam Ahmad bin Hambal, Zakat Fitrah harus dibayarkan saat matahari terbenam di akhir Ramadhan.

Bahkan sebelum salat Idul Fitri wajib membayar zakat fitrah ketika matahari terbenam pada hari terakhir bulan Ramadhan. Zakat fitrah dapat dibayarkan pada waktu-waktu yang sunnah, yaitu pada saat dilakukan shalat subuh dan sebelum hari raya idul fitri
Secara ringkas, Zakat Fitrah harus dibayarkan menjelang Idul Fitri, jadi membayar melewati waktu tersebut, Zakat Fitrah adalah Makruh dan Haram.

Cara Membayar Zakat Online

• Cara Membayar Zakat Melalui Blibli.com
Sekarang Anda bisa melakukan berbagai pembayaran zakat melalui blibli.com. Bahkan, Anda bisa memilih berbagai Lembaga yang Anda percayai untuk mengirimkan zakat Anda secara tepat.

• Cara Membayar Zakat Melalui BAZNAS
Anda bisa membayar zakat fitrah secara online, bayar di masjid terdekat dan di agen Amil terpercaya. Anda bisa membayar zakat fitrah secara online melalui website Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011, Baznas akan menyelenggarakan Zakat Fitrah sesuai dengan hukum Islam dan kepastian hukum.
Cara bayar zakat fitrah :

1. Buka website Baznas di baznas.go.id Tekan tombol Bayar Zakat
2. Pilih jenis Zakat
3. Kemudian pilih Zakat Fitrah di kolom kedua
4. Masukkan jumlah jiwa atau anggota keluarga
5. Ada jumlah nominal sesuai dengan jumlah orang yang dipilih, mialnya jika memilih 3 orang maka nominal yang harus dibayarkan adalah Rp 135.000,00
6. Lengkapi informasi sapaan bapak atau ibu.
7. Tulis nama lengkap, nomor ponsel dan alamat email
8. Kemudian klik “Lanjutkan ke pembayaran”.
9. Anda dapat memilih pembayaran zakat fitrah melalui saldo digital, pembayaran kasir, virtual account, kartu kredit dan paypal.
10. Setelah Anda memilih pembayaran, niat untuk menunaikan zakat fitrah untuk Anda dan keluarga akan muncul di website.
11. Kemudian klik “Bayar” setelah mengucapkan niat Zakat Fitrah

Niat Bayar Zakat Fitrah

ﻧَﻮَﻳْﺖُ أَﻥْ أُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻧَﻔْسيْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ
Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an nafsi fardhan lillahi ta’ala
Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri fardu karena Allah Taala.”

Niat untuk Orang yang Diwakilkan
ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ (..…) ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ
Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an (……) fardhan lillahi ta’ala
Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk……..(sebutkan nama spesifik), fardu karena Allah Taala.”

Keutamaan Membayar Zakat Fitrah
Manfaat sedekah kerap disebutkan Allah SWT dalam Alquran surah Al-Baqarah ayat 245, Allah berfirman:
مَنْ ذَا الَّذِيْ يُقْرِضُ اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضٰعِفَهٗ لَهٗٓ اَضْعَافًا كَثِيْرَةً ۗوَاللّٰهُ يَقْبِضُ وَيَبْصُۣطُۖ وَاِلَيْهِ تُرْجَعُوْنَ
Artinya:
“Barang siapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik, maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan.”