Home Berita Demi Menuntut Ilmu, Siswa Bertaruh Nyawa Lewati Jembatan Gantung Rusak di Pandeglang

Demi Menuntut Ilmu, Siswa Bertaruh Nyawa Lewati Jembatan Gantung Rusak di Pandeglang

0

Sebuah jembatan gantung kondisinya memperihatinkan berlokasi di Kampung Tanggok Timur, Desa Cibodas, Kecamatan Banjar, Pandeglang Banten. Jembatan gantung tersebut akses terdekat masyarakat untuk melakukan aktivitasnya.

Dari pantauan di lapangan, jembatan tersebut sudah berkarat, lantai jembatan berlubang dan tali Sling putus. Terlihat siswa sekolah lewati jembatan dengan rasa khawatir.

Warga setempat, Kuswanto mengatakan, jembatan tersebut kondisinya rusak parah selain itu lantai jembatan pun berlubang dan rapuh. Dirinya merasa khawatir saat melintasi jembatan tersebut.

“Yah kondisinya udah pada ancur, puluhan tahun ada, yah berlubang lantai jembatannya, apalagi kalau hujan licin jembatan, sering ada yang terpeleset, termasuk saya pernah jatuh,” katanya kepada Tangerangonline.id, Rabu (10/8/2022).

Kuswanto menambahkan, siswa bersekolah sering melewati jembatan gantung tersebut, warga memperbaiki jembatan tersebut dengan cara swadaya agar kondisi jembatan gantung tersebut tidak terlalu parah.

“Anak-anak pergi sekolah lewat sini, biasa warga pergi ke pasar pedagang lewat jembatan ini, jembatan udah karatan, udah tiga kali yang jatuh jembatan ini,” tambahnya.

Kuswanto berharap, dengan kondisi jembatan gantung rusak tersebut bisa diperbaiki, sehingga saat melintasi jembatan tidak merasakan khawatir.

“Saya sebagai masyarakat pengennya jembatan ini bisa diperbaiki, oleh pihak terkait,” harapnya.

Sementara Camat Banjar, Endin Haerudin mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan monitoring terhadap kondisi jembatan gantung tersebut, pihaknya sudah mendata terkait jembatan dan akan segera diusulkan.

“Ya kebetulan saya sudah keliling mengecek jembatan-jembatan salah satunya yaitu Jembatan di Kampung Tanggok. Memang kondisinya perlu perbaikan, jembatan itu akses jalan pintas menuju pasar dan jalan besar, kita berupaya mengusulkan dan selalu menginfentarisir bukan hanya jembatan saja termasuk juga jalan,” ungkapnya. (Dan)