Home Berita Dapat Remisi HUT Kemerdekaan RI, Dua Narapidana Lapas Kelas IA Tangerang Bebas...

Dapat Remisi HUT Kemerdekaan RI, Dua Narapidana Lapas Kelas IA Tangerang Bebas Bersyarat

0

Sebanyak 1.389 warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IA Tangerang mendapatkan remisi di Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia pada Rabu, 17 Agustus 2022. Dua orang diantaranya bahkan bisa langsung menghirup udara bebas.

Usai mengikuti rangkaian upacara HUT Kemerdekaan, kedua orang WBP yang langsung bebas bersyarat ini dengan gembira keluar dari blok Lapas.

Salah seorang WBP yang bebas setelah menerima remisi, Rizki Afrianto mengaku lega karena bisa bebas tepat di hari Kemerdekaan setelah kurang lebih lima tahun menjalani masa tahanan dengan perkara pencurian dengan kekerasan yang menyebabkan korban meninggal dunia.

“Saya asal Cengkareng, ini tahun ke lima saya berada disini. Sangat senang bisa keluar dihari Kemerdekaan,” kata Rizki.

Menurut Rizki, dirinya mendapat banyak pelajaran selama menjalani tahanan di Lapas Kelas 1A Tangerang. Selain kebersamaan, dirinya juga mengaku mendapat ilmu bercocok tanam dari petugas Lapas.

“Nanti saya mau coba nanam lagi di hidroponik. Banyak pelajaran yang saya dapat salah satunya kebersamaan,” katanya.

Sementara itu, Kalapas Kelas IA Tangerang Asep Sutandar mengatakan dalam remisi tahun ini terdapat 1.389 WBP yang mendapatkan remisi Kemerdekaan RI.

“Dari total 1.539 yang tidak mendapatkan remisi ada 150 orang,” ungkapnya.

Menurut Asep mereka yang tidak mendapatkan remisi karena berbagai alasan, 84 orang diantaranya sedang menjalani pidana pengganti penjara, 35 orang lainnya pidana seumur hidup dan 9 orang lainnya pidana mati.

“5 orang napi teroris, 11 WBP pidana korupsi yang belum membayar denda, 3 WBP sedang menjalani register F dan 3 WBP berstatus tahanan,”

Sementara itu lanjut Asep, dua orang narapidana yang mendapat remisi bebas langsung dikembalikan ke keluarganya. Dia berharap keduanya, dapat kembali ke tengah masyarakat dan menjalani kehidupan dengan lebih baik.

“Kami sudah bekali disini dengan berbagai kemampuan, semoga kedepan mereka bisa menjalankan kehidupan yang lebih baik,” tutur Asep. (Rmt)