Home Berita Puluhan Ayam Pelung Unjuk Kebolehan di Pandeglang

Puluhan Ayam Pelung Unjuk Kebolehan di Pandeglang

0

 

Puluhan ekor Ayam Pelung unjuk kebolehan dalam kontes perlombaan Ayam Pelung, peserta yang mengikuti kontes Ayam Pelung tersebut dari berbagai daerah yaitu Jawa Barat khususnya Banten.

Kontes tersebut tentunya salah satu dalam melestarikan budaya asli Jawa Barat, kontes Ayam Pelung ini berlokasi di Kampung Cadasari, Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang. Puluhan peserta kontes Ayam Pelung yang berlangsung sangat antusias.

Ketua Panitia Kontes Ayam Pelung Pandeglang, Zaenal Arifin mengungkapkan, dalam kontes tersebut tentunya untuk menjalin silaturahmi selain itu untuk mengembangbiakan Ayam Pelung tersebut di Daerah Banten khususnya Pandeglang.

“Yah yang pertama tentunya menjalin silaturahmi. Kemudian untuk mendukung perekonomian dari pengembangbiakan Ayam Pelung ini di Banten khususnya di Pandeglang sehingga menjadi nilai ekonomis,” katanya. Minggu (28/8/2022).

“Mengembangbiakan ayam ini biar semua pada punya, gimanapun caranya kita harus bisa mempunyai Ayam-ayam yang berkualitas, yah tentu ekonomi juga mendukung dan berkembang hampir 85 persen khususnya di Banten banyak yang berkualitas,” sambungnya.

Ia melanjutkan, para peserta kontes Ayam Pelung tersebut yang ikut serta dari berbagai daerah, yaitu Jawa Barat khususnya Banten. Agar menjadi juara penilaiannya yaitu dari suara dan lengkingan suara yang panjang.

“Yang ikut kontes dari berbagai wilayah, yah Jawa Barat, dari Tangerang, Purwakarta, Garut, Lebak, semua ada kalau Banten 10 Kabupaten atau Kota ada. Kalau untuk penilaian dari suara yang merdu dan lengkingan yang panjang. Suara yang terbaik dan lengkingan panjang itu yang juara,” ujarnya.

Sementara Peserta Kontes Ayam Pelung, Rudi mengatakan, dirinya hobi dengan Ayam Pelung tersebut sehingga mengikuti kontes ini, selain itu menambah silaturahmi dengan sesama pecinta Ayam Pelung tersebut.

“Saya dari Serang Banten, pertama kita silaturahmi kemudian memurnikan kembali Ayam Pelung, udah hampir dari 2010 saya hobi Ayam Pelung ini. Sangat senang sekali adanya kontes ini, penilaian dari suara angkatan, tengah, irama, ujung hingga keserasian, kalau target juara Alhamdulillah ada lah mudah-mudahan target juara,” pungkasnya. (Dan)