Home Bandara Petugas Gabungan Amankan Kedatangan Jenazah Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra di Bandara...

Petugas Gabungan Amankan Kedatangan Jenazah Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra di Bandara Soetta

0

Polresta Bandara Soekarno-Hatta melakukan persiapan pengamanan kedatangan jenazah Prof. Dr. Azyumardi Azra di Gateway Human Remains Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Senin (19/9/2022).

Kasat Lantas Polres Bandara Soetta, Kompol Bambang Askar Sodiq mengatakan, pihaknya akan menerjunkan 120 personel gabungan dalam pengawalan dan pengamanan kedatangan jenazah Ketua Dewan Pers 2022-2025 itu.

“Seperti biasa, dari Polresta Bandara Soetta akan menempatkan 120 personel baik yang berseragam maupun yang tidak berseragam. Kami bekerja sama dengan jajaran TNI, serta unsur pengamanan internal di Soetta, seperti Aviation Security di areal Kargo,” kata Kompol Bambang.

Dia menjelaskan, ketika tiba di Kargo Jenazah, penanganan terhadap almarhum Prof. Dr. Azyumardi Azra dilakukan serupa dengan penanganan pada proses kedatangan almarhum Eril Khan Mumtaz, beberapa waktu lalu.

“Alurnya hampir sama dengan saat kedatangan jenazah Almarhum Eril Mumtaz. Di mana, saat tiba langsung didata dan segera kembali diantar ke rumah duka,” terangnya.

Proses penyambutan dan penanganan kedatangan jenazah Prof. Azyumardi tidak akan menggangu penerbangan di Bandara Soetta.

“Yang pasti, kami sudah siapkan alur dan cara bertindak untuk mencegah agar tidak mengganggu penerbangan reguler. Dan untuk tamu atau siapa yang hadir pada saat kedatangan jenazah pun kami masih tunggu datanya,” tuturnya.

Seperti diketahui, Prof. Dr. Azyumardi Azra meninggal dunia setelah sebelumnya menjalani perawatan di rumah sakit di Selangor, Malaysia.

Ia diinformasikan akan diberangkatkan dari Kuala Lumpur, Malaysia dengan pesawat komersil Batik Air pada Senin 19 September 2022 pukul 20.45 waktu setempat dan diperkirakan tiba di Bandara Soetta, Tangerang pada Senin malam.

Selanjutnya, jenazah akan disemayamkan dan dishalatkan di kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan dimakamkan di Blok Z, Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta. (Rmt)