Home Bandara Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta pada Periode Nataru 2023 Dipresdiksi Mencapai 1,38...

Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta pada Periode Nataru 2023 Dipresdiksi Mencapai 1,38 juta orang

0

Pergerakan pesawat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) pada periode libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) diperkirakan mencapai 10.052 penerbangan. Adapun pergerakan penumpang mulai 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023 diprediksi mencapai 1,38 juta orang.

Selaku pengelola Bandara Soetta, PT Angkasa Pura II (AP II) telah siap menyambut pelayanan penerbangan dan penumpang di bandara berkode CGK itu pada periode angkutan Nataru kali ini.

“Persiapan di Bandara Soekarno-Hatta di antaranya program penyeimbangan kapasitas terminal, di mana dilakukan perpindahan operasional seluruh penerbangan internasional Lion Air Group dari Terminal 3 ke Terminal 2F mulai 16 Desember 2022 agar setiap terminal dapat optimal,” ujar Director of Operation AP II, Muhamad Wasid, Minggu (18/12/2022).

Selain itu, Bandara Soetta juga membuka lounge umroh temporer di area GCC yang berlokasi dekat dengan Stasiun Kereta Bandara guna mendukung Terminal 3 dalam mengakomodir peningkatan penumpang.

Lounge umrah ini dilengkapi VIP room, reguler room, serta berbagai fasilitas seperti musholla, kafe dan kantin, sehingga dapat digunakan biro perjalanan umrah sebagai lokasi meeting point atau ruang tunggu bagi jemaah umrah.

“Lounge umrah GCC dibuka 18 Desember 2022 agar peningkatan penumpang di Terminal 3 saat peak season akhir tahun dapat tertangani dengan baik,” kata Wasid.

Tidak hanya itu, Bandara Soetta juga diperkuat Airport Operation Control Center (AOCC) bagi stakeholder untuk mengatur operasional bandara dan penerbangan; Airport Infrastructure Control Center (AICC) untuk memonitor fasilitas bandara; serta Land Transportation Control Center (LTCC) guna memantau transportasi darat.

Sementara Director of Commercial and Service AP II M Rizal Pahlevi menuturkan sebagai upaya meningkatkan kepuasan penumpang saat peak season, Bandara Soekarno-Hatta menghadirkan Thematic Decoration dan Thematic Event.

“Berbagai event disiapkan di Bandara Soekarno-Hatta yaitu choir, pertunjukan musik, Night Gala Tahun Baru hingga esport competition dan event khusus Hari Ibu pada 22 Desember. Kami ingin penumpang pesawat merasa nyaman saat peak season,” jelas Rizal Pahlevi.

Di samping itu, untuk menambah kenyamanan penumpang pesawat, AP II juga telah menata desain interior Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dengan konsep Pintu Gerbang Indonesia di area departure gate domestic dan check in area domestic.

Director of Engineering AP II Agus Wialdi menuturkan infrastruktur di 20 bandara dipastikan siap melayani penumpang pesawat pada periode angkutan Nataru.

“Infrastruktur sisi udara dan sisi darat dipastikan siap. Di sisi udara misalnya dilakukan overlay (penebalan) runway di Bandara HAS Hanandjoeddin (Belitung) dan Bandara Tjilik Riwut (Palangkaraya),” ujar Agus.

Terkait personel, AP II menyiagakan 6.231 personel saat angkutan Nataru yang terdiri dari personel operasional (Aviation Security, Airport Rescue & Fire Fighting, Airport Movement Control, BKO TNI/Polri); personel pelayanan (customer service, terminal inspection service, digital service, dsb) dan teknik. (Rmt)