Home Berita Distan Pandeglang Gencar Vaksinasi dan Penandaan Hewan Ternak

Distan Pandeglang Gencar Vaksinasi dan Penandaan Hewan Ternak

0

Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Pandeglang gencar melakukan sosialisasi pendataan dan penandaan ternak untuk upaya penanganan Penyakin Mulut Kuku (PMK) pada hewan ternak di wilayah tersebut.

“Tadi kita sosialisasi dan rapat koordinasi di Polres Pandeglang apa yang sudah dan sedang dilakukan dalam penanganan penyakit mulut kuku (PMK) hewan ternak yaitu Kambing, sapi dan kerbau di wilayah Kabupaten Pandeglang,” terang Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Pandeglang, Nasir kepada tangerangonline.id, Kamis (22/12/2022) diruang kerjanya.

Menurut Nasir, hingga saat ini penyuntikan vaksin dan pemberian tanda kepada hewan ternak di wilayah Pandeglang terus berjalan sesuai target yaitu 14 ribu hewan ternak yang divaksin dan diberi tanda tersebut.

“Kegiatan itu salah satu upaya penanganan dan pencegahan penyebaran PMK pada hewan, untuk mengetahui populasinya yang divaksin atau belum. Itu upaya kita peduli lindungi yang prosesnya sama dengan kegiatan vaksinasi pencegahan Covid-19 tersebut yaitu vaksin 1, 2 dan 3, sama pemberian vaksin ternak dan diberi tanda sehingga terkontrol dalam sistem aplikasi,” katanya.

“Sehingga hewan-hewan ternak di wilayah Pandeglang terjamin bebas PMK,” sambungnya.

Hingga saat ini, lanjut Nasir, tim satgas melakukan langkah-langkah seperti bio security, vaksinasi, pengobatan dan testing sampel darah hewan ternak, sehingga ternak di Kabupaten Pandeglang berkeyakinan aman dari MPK tersebut.

“Tim satgas gabungan antara Polri, TNI dan OPD terkait di Pemkab Pandeglang mengupayakan penyekatan keluar masuk wilayah Pandeglang dibeberapa titik pos satgas karena di kita tidak ada pedloud, seperti di perbatasan Cadasari-Serang, Rangkasbitung-Lebak, Carita-Anyer Bojong-Banjarsari pintu masuk dari Pelabuhanratu Sukabumi dan Cikeusik-Malingping. Kita berharap kedepan ada Pos Satgas PKM tersebut,” tandasnya.

Sejak 17 Agustus 2022 Pemkab Pandeglang sudah memploklamirkan untuk bebas PMK dengan pengecekan, pengobatan dan pemberian vaksinasi tersebut.

“Sampai saat ini vaksinasi kita lebih dari 3000 dan penadaan targetnya 14.000 hewan dengan menurunkan 14 tim gabungan seperti TNI-Polri, Bidang Peternakan dan Puskeswan turun disentra peternakan yaitu Carita, Cisata, Sumur, Cibaliung. Dan alhamdulillah untuk ternak sapi sudah 100 persen vaksin dan penadaan, sementara kalau kerbau agak sulit karena dihamparan tetapi tim terus berupaya turun tiap hari,” pungkasnya. (Den)