Beranda Bandara Imigrasi Tunda Keberangkatan Ribuan WNI ke Luar Negeri Melalui Bandara Soetta

Imigrasi Tunda Keberangkatan Ribuan WNI ke Luar Negeri Melalui Bandara Soetta

0
foto: Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI (Tempat Pemeriksaan Imigrasi) Soekarno-Hatta, Muhammad Tito Andrianto. (tangerangonline.id/rmt)

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Soekarno-Hatta menunda keberangkatan ribuan warga negara Indonesia (WNI) ke luar negeri melalui Bandara Intetnasional Soekarno-Hatta (Soetta) periode 1 Januari – 27 Desember 2022.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Kepala Imirasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta, Muhammad Tito Andrianto.

“Jadi pada periode 1 Januari – 27 Desember 2022 kami menunda keberangkatan sebanyak 3.551 WNI ke luar negeri,” kata Tito di Bandara Soetta, Tangerang, Kamis (29/12/2022).

Tito menjelaskan, penundaan keberangkatan WNI ke luar negeri tersebut dilakukan karena berbagai alasan keimigrasian. Salah satunya karena tidak memiliki dokumen perjalanan yang sesuai.

“Kami melakukan penundaan keberangkatan WNI karena mereka diduga akan menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI) non prosedural, masuk dalam daftar cekal, memiliki paspor ganda dan alasan lainnya,” ungkap Tito.

Selain melakukan penundaan keberangkatan WNI ke luar negeri, Imigrasi juga menunda penerbitan paspor bagi WNI (pemohon) yang mengajukan penerbitan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta.

“Alasan penundaan penerbitan paspor bagi WNI biasanya karena bio data yang diajukan tidak sesuai. Selain itu, pada saat wawancara dengan petugas, pemohon tidak dapat memberikan alasan yang jelas tujuan keberangkatannya ke luar negeri, diduga pemohon paspor akan menjadi PMI non prosedural, sehingga kami menunda penerbitan paspornya,” tandas Tito. (Rmt)