Beranda Berita Pelayanan Prima, MPP Pandeglang Kembali Raih Penghargaan dari Kemenpan RB

Pelayanan Prima, MPP Pandeglang Kembali Raih Penghargaan dari Kemenpan RB

0

Mal Pelayanan Publik (MPP) Pandeglang kembali meraih penghargaan predikat pelayanan prima dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Penghargaan ini kali keduanya didapat secara berturut-turut.

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, penghargaan yang diraih merupakan bukti pemerintah hadir memberikan pelayanan optimalnya kepada masyarakat.

“Ini harus dipertahankan, kami yakin MPP bisa terus menambah pelayanannya untuk mempermudah pelayanan publik,” ungkapNya  saat perayaan milad MPP ke -3 di Gedung MPP, Kamis (31/08/2023).

Ia mengakui, sebelum hadirnya MPP, pelayanan perijinan atau non perijinan membutuhkan waktu yang cukup lama, namun setelah hadir MPP, semua bisa diselesaikan dengan hitungan jam.

“Perijinan sebelumnya bisa berbulan bulan, kami jawab tantangan itu dengan menghadirkan MPP untuk melayani masyarakat,” katanya.

Lanjut Irna, untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan MPP, tiap harinya gerai yang ada di MPP dipantau oleh Manager On Duty (MOD).

“MOD ini orang yang ditugaskan untuk menangani setiap permasalahan pada saat memantau kegiatan pelayanan setiap hari untuk bahan evaluasi,” ujarnya.

Irna juga menambahkan, pihaknya mendapat masukan dari Kemenpan RB agar Pemkab Pandeglang membuat terobosan atau inovasi lagi untuk memudahkan pelayanan agar lebih mudah dan terjangkau.

“Kita akan coba inventarisir lagi seperti pelayanan instansi yang ada di provinsi misalkan, itu akan kita ajak kerjasama sehingga masyarakat pandeglang tidak usah jauh ke serang,” pungkasnya.

Kepala Dinas Penanaman Modal Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Mursidi mengatakan, tercatat sampai hari ini sebanyak  44 instansi dari sektor pemerintahan telah berkunjung dan melaksanakan studi banding ke MPP Pandeglang.

“Tercatat sekitar 162.700 orang sudah berkunjung ke MPP dari tahun 2020 sampai dengan semester I 2023 dan nilai SKM kami 94,48 dengan kategori Sangat Baik,” katanya.

Lebih lanjut Mursidi mengatakan, jumlah layanan yang ada saat ini sebanyak 1348 layanan dan terbagi dalam 28 gerai dari Kementerian, Lembaga, Swasta dan OPD.

“Pada saat milad ke tiga (3) MPP ada penambahan pelayanan grai yaitu Badan Pengawasan Obat – obatan dan Makanan (BPOM),” ujarnya. (Red)