Home Berita Pertama di Dunia, Mandaya Royal Hospital Dilengkapi Teknologi Canggih ini

Pertama di Dunia, Mandaya Royal Hospital Dilengkapi Teknologi Canggih ini

0
President Director Mandaya Hospital Group (MHG), dokter Benedictus Widaja menjelaskan teknologi mesin infus pintar ini digunakan bukan hanya di ruang ICU saja, melainkan di 200 tempat tidur pasien rawat inap.

Mandaya Royal Hospital Puri (MRHP) kembali menambah deretan teknologi peralatan kesehatan yang dapat berkontribusi terhadap percepatan proses kesembuhan pasien. Terbaru, Mandaya Hospital dilengkapi mesin infus pintar merek Terumo yang digunakan untuk pertama kalinya di dunia.

President Director Mandaya Hospital Group (MHG), dr. Benedictus Widaja mengatakan, mesin infus bernama Smart Pump Monitoring System tersebut memiliki banyak keunggulan, salah satunya adalah dapat meningkatkan kualitas tidur pasien.

“Smart Pump Monitoring System ini dapat mendeteksi jumlah cairan infus yang dialirkan kepada pasien, saat jumlahnya sudah akan habis, terdapat notifikasi yang berbunyi di komputer yang berada di nurse station,” kata Benedictus di Karang Tengah, Kota Tangerang, Kamis (21/3/2024).

“Keunikannya adalah bunyi notifikasi ini berada di meja kerja perawat, jadi bukan dikamar pasien, sehingga pasien bisa istirahat dengan nyaman tanpa terganggu dan perawat akan datang tanpa dipanggil oleh pasien untuk mengganti cairan infus yang baru. Hal ini tentunya akan membuat kualitas istirahat pasien akan meningkat, sehingga berdampak pula terhadap proses pemulihan yang lebih cepat,” tambahnya.

Ben menjelaskan, infus canggih ini juga akan berbunyi saat ada gangguan aliran infus, misalnya saat saluran infus terhambar, terlipat atau terlepas. Perawat akan mendapatkan notifikasi dan akan segera datang untuk memperbaiki aliran infus tersebut.

“Pasien tidak perlu lagi khawatir infusnya akan habis atau alirannya bermasalah. Perawat kami akan siap sedia untuk mengganti atau memperbaikinya, bahkan saat pasien dalam keadaan tidur lelap sekalipun. Hal ini juga memastikan pasien yang dirawat di Mandaya sangatlah aman dan tidak perlu mengkhawatirkan infusnya,” ujar dr Ben.

Membantu tugas perawat

Selain itu lanjut dr. Ben, dengan teknologi Smart Pump Monitoring System ini dapat mengurangi beban kerja dari para perawat.

Di mana, perawat tidak perlu lagi mencatat secara manual jumlah infus masing-masing pasien sehingga sangat minim kesalahan pemberian maupun tertukar dan tidak perlu lagi mengecek secara manual ke masing-masing kamar pasien.

Sementara itu, President Director PT Terumo Indonesia, Ade Kresna Kemaltaba menyampaikan bahwa Terumo memiliki visi yang sama dengan Mandaya dalam upaya peningkatan kualitas kesehatan bagi pasien dan keluarganya.

“Mandaya Royal Hospital Puri telah menggunakan banyak produk Terumo, seperti syringe, infuse pump, produk sekali pakai, mesin pengganti jantung & paru untuk operasi bypass jantung,” kata Ade Kresna.

Khusus untuk produk teknologi tinggi lanjutnya, Mandaya telah menggunakan pump monitoring system yang bisa terhubung dengan HP Android dan jaringan WIFI, juga terintegrasi dengan Terumo smart Infusion Pump yang ada di ruang rawat inap.

Pengguna Mesin Infus Pintar Pertama di Dunia

“Mandaya Royal Hospital Puri merupakan pelanggan pertama yang menggunakan sistem ini di Dunia. Selain itu, Terumo Indonesia juga sangat concern dalam meningkatkan kemampuan para Perawat dengan memberikan pelatihan secara berkesinambungan,” tutur Ade.

Peralatan Kesehatan Canggih lainnya

Sekadar diketahui, sebagai rumah sakit swasta terbaik di Indonesia versi Healthcare Asia Awards 2023, Mandaya Royal Hospital Puri telah memiliki alat radioterapi kanker Elekta versi tertinggi, teknologi vakum tumor untuk benjolan di payudara, tumor mapping untuk operasi kanker, pemeriksaan septin-9 untuk deteksi kanker usus besar via sampel darah, robot prostat, teknologi nuklir medis untuk kanker tiroid.

Mandaya juga menyiapkan ekosistem untuk pasien yang berasal dari luar Jakarta seperti penjemputan gratis bagi pasien dari Bandara maupun Stasiun, menyiapkan penginapan hotel yang terhubung dengan rumah sakit untuk keluarga pasien hingga bekerjasama dengan JOUMPA VIP Airport Services di 40 Bandara di Indonesia. (Rmt)