Beranda Home Menag Lepas Keberangkaran Kloter Pertama Calhaj di Bandara Soetta

Menag Lepas Keberangkaran Kloter Pertama Calhaj di Bandara Soetta

0
Menteri Agama (Menag) Yakut Cholil Qoumas dan Duta Besar (Dubes) Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia H.E. Faisal bin Abdullah Al-Mudi di Terminal 2D Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang pada Minggu, 12 Mei 2024. (tangerangonline.id)

Kelompok terbang (Kloter) pertama jemaah Haji Embarkasi Jakarta Pondok Gede berangkat melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) pada Minggu, 12 Mei 2024 dini hari.

Keberangkatan 388 calhaj dan 5 petugas tersebut dilepas oleh Menteri Agama (Menag) Yakut Cholil Qoumas dan Duta Besar (Dubes) Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia H.E. Faisal bin Abdullah Al-Mudi di Makkah Route Terminal 2D Bandara Soetta.

“Kita tadi melihat proses fast track yang digunakan di Bandara Soetta, waktunya tidak lebih dari dua menit jadi sangat membantu proses keimigrasian. Saya kira ini jadi bagian dari wujud baiknya antara dua negara Saudi Arabia dan Indonesia,” kata Menag Yakut di Bandara Soetta, Tangerang, Minggu (12/5/2024).

Menurut Yakut, keberadaan Makkah Route di Bandara Keberangkatan, salah satunya di Bandara Soetta sangat memudahkan jemaah haji asal Indonesia. Di mana, calhaj Indonesia tidak perlu menjalani pemeriksaan imigrasi setibanya di Tanah Suci.

“Saat ini dan bebrapa tahun lalu kita punya fast track cuma satu, tapi hari ini kita diberi keleluasaan oleh pemerintah Saudi Arabia dengan menambah fast track lagi di Solo dan di embarkasi Surabaya,” ujar Menag.

Sebanyak 388 Calon Haji Kloter Pertama Embarkasi Jakarta Pondok Gede. (tangerangonline.id)

Pada kesempatan yang sama, Dubes Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia H.E. Faisal bin Abdullah Al-Mudi menuturkan, Makkah Route dapat memudahkan setidaknya setengah dari total calhaj asal Indonesia. Saat ini Makkah Route ada di Bandara Soetta, Solo dan Surabaya.

“Kami saksikan langsung fast track Makkah Route bagian wujud layanan baik untuk jamaah haji indonesia. Sebagaimana disampaikan Menteri Agama tahun lalu yang ada fast track di Jakarta, tapi tahun ini Insha Allah ada di Solo dan Surabaya,” kata Faisal.

“Kami berhatap itu bisa dimanfaatkan kurang setengah dari jumlah jemaah haji Indonesia. Imigrasi Arab Saudi dan Pemerintah Indo dan semua instasi terkait lakukan kerjasama dan kolaborasi,” tuturnya.

Menag Yakut menambahkan, hadirnya Makkah Route di 3 Bandara di Indonesia merupakan bukti hubungan baik pemerintah Indonesia dengan Kerajaan Arab Saudi.

“Saya menyampaikan bahwa inisiatif dari Makkah Route ini (merupakan) bagian hubungan kuat antar negara. Kami doakan agar (calon haji) baik dalam keadaan selamat dan diberi kesehatan,” tuturnya. (Rmt)