Bandara
Catat! Masyarakat dan Pengguna Jasa Bandara Soetta Wajib Menjaga Keamanan Penerbangan
Tahun ini dicanangkan sebagai Year Of Security Culture (YOSC) 2021 atau Budaya Keamanan Penerbangan di seluruh Bandar Udara, termasuk Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).
Selaku pengelola Bandara Soetta, PT Angkasa Pura II (Persero) mengajak seluruh stakeholder dan masyarakat pengguna jasa bandar udara berkomitmen dalam menjaga keamanan penerbangan.
Kampanye keamanan dan keselamatan dengan tagline If you see something, say something ini digelar di Terminal 3 Bandara Soetta, Tangerang, Jumat (4/6/2021).
Deputy EGM of Airport Operation Bandara Soekarno-Hatta PT Angkasa Pura II, Indra Gunawan menuturkan, menjaga keamanan dan keselamatan penerbangan tidak hanya menjadi tanggung jawab operator, regulator, airline dan stakeholder saja, namun juga masyarakat khususnya pengguna jasa bandara.
“Kita memang terkait dengan keamanan penerbangan ini adalah tanggung jawab kita bersama seluruh entitas di Bandara Soekarno-Hatta baik Kombata, mitra kerja, mitra usaha itu bertanggung jawab atas keamanan penerbangan,” ujarnya.
Indra mengatakan, dalam kegiatan kampanye keamanan penerbangan tersebut pihaknya kembali mengedukasi penumpang, petugas hingga para pekerja agar bekerja sama dalam menjaga keamanan penerbangan.
“Tadi juga kita melakukan kampanye di Terminal dan memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada (pekerja) tenant ataupun penumpang terkait keamanan penerbangan, dapatkah mereka teredukasi dengan baik? Ternyata kita lihat sudah banyak yang mengetahui dan sadar akan keamanan penerbangan,” jelasnya.
Dijelaskannya, salah satu langkah dalam menjaga keamanan penerbangan adalah dengan melaporkan segala sesuatu yang mencurigakan kepada petugas keamanan. Misalnya, melaporkan apabila melihat benda yang mencurigakan atau barang-barang tak bertuan.
“Jadi ketika penumpang maupun tenant, baik itu termasuk cleaning service atau petugas porter ketika melihat sesuatu barang atau benda mencurigakan segera melaporkan kepada petugas kami,” tutur Indra.
Sementara itu, Fia (30) salah satu penumpang, mengaku telah mengetahui kewajiban akan menjaga keamanan dan keselamatan penerbangan sebagai pengguna jasa bandara.
“Dengan tidak membawa benda berbahaya kan kita sudah termasuk menjaga keamanan dan keselamatan kan. Menurut saya sih, keamanan di Bandara Soekarno-Hatta ini sudah bagus ya, pelayanannya juga bagus,” ujar penumpang tujuan Maldives.
Namun demikian, wanita asal Bali ini berharap pelayanan dan keamanan di Bandara Soekarno-Hatta terus ditingkatkan.
“Baiknya ditingkatkan ya, supaya lebih bagus lagi kedepannya,” katanya. (Rmt)
