Home Index Jalan Anggrek Bermula Dari Zona Budidaya

Jalan Anggrek Bermula Dari Zona Budidaya

0

Tahukah anda asal-usul nama Jalan Anggrek yang kerap kali disebut Gang Anggrek? Jalan ini berada tepatnya di wilayah RW 18, Kelurahan Pondok Benda, Kecamatan Pamulang, Kota Tangsel.

Dari hasil penelusuran tangerangonline.id, dahulu sebelum kota Tangsel berdiri banyak jalan yang belum bernama, seperti jalan yang saat ini bernama Jalan Anggrek.

Nama Jalan Anggrek bermula dari hasil kegiatan tani yang dilakukan Haji Belahum, lalu diikuti oleh masyarakat sekitar. 

Spontan pada tahun 1980-an jalan yang belum bernama itu, masyarakat menyebutnya Jalan Anggrek. “Spontan sih namanya, dulu gak ada namanya. Karena ada tokoh pertama kali tanam Anggrek yaitu Almarhum H. Belahum terus diikuti masyarakat sekitar. Ya, spontan masyarakat menyebutnya Jalan Anggrek,” ungkap Muih Lestari, Tokoh Tani Anggrek saat ditemui di Kantor Lurah Pondok Benda, Selasa (2/2).

Muih yang juga menjabat sebagai Kasi Pelayanan Umum di Kelurahan Pondok Benda menyebutkan, budidaya Anggrek di Jalan itu yang juga menjadi alasan sebagai ikon Kota Tangsel. 

Namun, Muih juga menyayangkan, pertumbuhan pembangunan membuat lahan pertanian Anggrek berkurang. Sehingga hal ini bisa menghapus ikon kota Tangsel. “Tapi sayang ya, lahan banyak yang dijual jadi kegiatan budidayanya pun jadi berkurang. Kalau anggrek ini sebagai ikon sudah seharusnya dipertahankan,” ujar Muih. (abi)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here