Home Home Bicara di Depan Umum? Siapa Takut!

Bicara di Depan Umum? Siapa Takut!

0

Bicara di depan umum bagi kebanyakan orang menjadi begitu penting. Karena dengan kemampuan berbicara di depan umum, kita akan dapat menstimulus otak untuk berpikir dengan cepat dan melalui alat indera output dari hasil pemikiran otak disampaikan.
Berbicara di depan umum sangat bergantung pada sebuah sikap percaya diri yang kuat. Kepercayaan diri yang kuat itu tidak hadir begitu saja tanpa sebuah proses pelatihan yang dilakukan. 

Proses tersebut semacam serangkaian yang tidak bisa dipisahkan, dari menambah wawasan dan pengetahuan, memperbanyak jam terbang dengan berorganisasi atau bertanya dalam kelas kepada guru/dosen dan sampai pada akhirnya seorang dapat secara piawai memberikan sebuah statement atau argumentasi dalam forum diskusi. 

Dalam banyak kasus rasa cemas menjadi faktor utama yang dapat membuat seseorang tidak mampu atau bahkan mengurungkan niatnya untuk berbicara di depan umum. Kecemasan tersebut dalam psikologi sangat wajar terjadi sebagai bagian dari pengalaman saat berbicara di depan umum (publik). Namun, rasa cemas itu akan menjadi masalah ketika mempengaruhi performa. Pengaruh itu dapat membuat seorang tidak mampu dalam menghadapi situasi. 

Para ahli psikologi menyatakan bahwa kecemasan saat berbicara di depan publik berdampak dan dapat dirasakan secara psikologis dan fisiologis. 

Dampak secara psikologis, pikiran seorang akan merasa takut akan hal yang irasional dan tidak dapat berkonsentrasi dengan tenang. Secara fisiologis, jantung akan berdetak lebih cepat, kaki juga suara bergetar.

Bagaimana solusinya agar dapat mengelola rasa cemas tersebut dan tidak mengganggu performa kita ketika mulai berbicara di depan publik?  

Solusinya adalah terus melatih diri baik dalam organisasi, kelompok belajar, di dalam kelas atau bahkan di depan cermin. Menambah intensitas berbicara di depan publik dengan berbagai penyampaian gagasan yang baru dirasa cukup efektif. Buanglah ragu dan mulailah berlatih. (Bar)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here