Home Berita 25 Calon Polwan Magang di Polsek Ciputat

25 Calon Polwan Magang di Polsek Ciputat

1

Polsek Ciputat menjadi salah satu tempat latihan kerja (Latja) polisi wanita (polwan) program sekolah Polwan yang berada di Jl Ciputat Raya 41 Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Latja diadakan dari 15-20 Februari 2016 atau dua minggu sebelum pelantikan naik pangkat dari seba menjadi bribda. Latja merupakan bagian program masa pendidikan 7 bulan di sekolah Polwan.

Ketika ditemui di ruang Patroli, Rahmatia, Staff Patroli yang bertanggung jawab sebagai mentor kegiatan Latja mengatakan, latja dibagi menjadi beberapa bagian.

“Ada reskrim, lalu lintas, SPKT, dan patroli,” ujarnya.
Komandan Pleton, Gita Fardian Ningtyas (19), salah satu calon polwan bribda mengatakan, jumlah calon polwan yang mengikuti latja di Polsek Ciputat sebanyak 25 orang.

“Awalnya dipilih di Polres 50 orang, terus dibagi lagi buat masuk ke polsek,” ujarnya yang termasuk dalam pelatihan bagian reskrim.

Gita menambahkan, calon bribda polwan ditempatkan di polsek dan polres di wilayah Depok, Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Bandara Soekarno Hatta.

  Selanjunya, tangerangOnline.id menuju Sentral Pelayanan Kepolisian terpadu (SPKT) Polsek Ciputat. Sulaiman, anggota SPKT sedang mendampingi calon polwan mengikuti Latja di ruangan piket SPKT.

Intan dewinta (18), salah satu siswa polwan sedang berlatih menerima laporan dari tiga tempat yaitu, laporan telepon layanan pengaduan masyarakat, laporan komandan atau pemimpin tertinggi, dan laporan patroli.

“Kalau telepon itu menerima laporan masyarakat, kalau HT yang ditengah buat laporan komandan, dan HT paling pinggir kiri buat laporan yang sedang patroli,” ujar siswa polwan dari polda Jambi ini.

Sulaiman sesekali mengarahkan cara menerima panggilan telepon, melaporkan situasi dan menjawab laporan.

“Situasi Polsek Ciputat aman terkendali,” ujarnya mengajarkan kepada Intan ketika mendapat laporan kondisi latja yang sedang diadakan di polres.

Intan menambahkan, SPKT pun bertugas menerima laporan pertama kali, kemudian mengantar ke bagian yang sesuai dengan laporannya.

“Jadi awalnya kalau mau melapor peristiwa kehilangan, kriminal atau apapun kesini dulu,” ujarnya. (Ayu)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here