Home Berita Banyak Mall di Serpong Jual Produk tak Layak

Banyak Mall di Serpong Jual Produk tak Layak

0

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangsel menemukan banyak produk tak layak jual di sejumlah pusat perbelanjaan.

Beberapa toko moderen di Jalan Raya Serpong dan di Serpong Utara didapati menjajakan produk tidak sah ketika petugas Disperindag melakukan inspeksi mendadak (Sidak), Selasa (16/2).

Seperti yang ditemukan di Lotte Mart, produk yang dijualnya yaitu minyak goreng dan makanan ringan sudah habis masa berlakunya. Begitu juga di Mall WTC Matahari, Serpong yang juga didapati produk makanan tanpa petunjuk cara mengkonsumsi.

Kabid Perindustrian, Ferry Payacun mengatakan, inspeksi yang dilakukannya bersifat pembinaan. Namun, apabila ditemukan pelanggaran yang tidak sesuai aturan, pihak akan memberikan sanksi semestinya.

“Sidak ini sifatnya pembinaan saja tapi kalau ditemukan pelanggaran, kita beri toleransi sebulan. Setelah itu, masih ada pelanggaran akan ditindak tegas,” ungkapnya.

Ferry juga membeberkan, sidak yang telah dilakukan pihaknya masih menemukan toko moderen tidak memilik Ijin Usaha Toko Moderen (IUTM).

“Sejak kemarin yang tidak ada IUTM Carrefour, ITC BSD, dan sekarang Lotte Mart,” terangnya.

  Saat ditanyai jumlah toko moderen yang belum mengantongi IUTM, dirinya enggan menyebutkan. 

Pasalnya, data-data tersebut berada di kantor dan harus disampaikan sesuai data terekap.

Sementara, pihak toko moderen Lotte Mart mengatakan, pihaknya masih mengurus IUTM dan akan melengkapi perijinan sesuai dengan aturan.

“Ijinnya masih proses. Pastinya akan diusahakan IUTM nya,” kata Taufik, Sesion Head Facility Lotte Mart.

Sementara saat ditanya, apakah sidak tersebut mengganggu? Dia malah mengapresiasi dinas terkait. Sebab, sidak tersebut dapat menjaga kualitas dagangnya. “Bagus, jadi sering dikontrol, kita tahu mana kurangnya dari produk kita,” ucapnya. (Abi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here