Beranda Berita MTS Negeri Pamulang Kirim Delegasi Olimpiade Robot Mancanegara

MTS Negeri Pamulang Kirim Delegasi Olimpiade Robot Mancanegara

0

Madrasah Tsanawiah Negeri (MTs N) Pamulang akan mendelegasikan siswa-siswanya untuk berkompetisi dalam Youth Robot Olympiade di Singapura.

Acara yang dimeriahkan oleh peserta dari negara-negara Asia Tenggara ini akan dihelat pada tanggal 13 Maret 2016 mendatang.

“Ada 5 anak dari MTs N Pamulang yang akan di berangkatkan ke sana (Singapura),” ujar Imam Sucipto selaku pembimbing sekaligus guru Tehnik Informasi dan Komunikasi MTs N Pamulang kepada tangerangonline.id, Kamis (3/3/2016).

Istilah robot bukan memiliki arti orang-orangan yang bisa berjalan sendiri, lanjut Imam, melainkan ada makna yang lebih mendasar yakni segala alat yang menunjang kehidupan manusia merupakan disebut robot.

“Kami merancang 2 alat yang berguna untuk kehidupan. Pertama, lampu otomatis yang mampu mengukur intensitas cahaya di dalam ruangan. Kedua, jemuran otomatis yang bisa menghindarkan pakaian dari ancaman hujan,” ungkap Imam.

Lampu otomatis tersebut akan menyala sendiri jika kadar cahaya tidak berada di titik ideal. Kemudian akan meredup sendiri jika kadar cahaya sampai ke titik ideal. Dengan demikian, kondisi di ruangan akan selalu diisi oleh cahaya yang ideal.

Sayangnya, prestasi cemerlang tersebut belum sepenuhnya didukung oleh pemerintah. Imam menuturkan, pembiayaan perlombaan murni ditanggung oleh sekolah dan wali murid peserta.

“Pemerintah akan mendukung kita dengan syarat kita harus menang dulu. Katanya mereka butuh bukti. Padahal seharusnya, kita disupport sejak awal. Tapi ini bukan kendala. Alhamdulillah, wali murid di sini antusias dan siap menanggung sebagian biaya anaknya,” tutupnya. (muf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini