Home Berita Pelaporan Karantina Perikanan di Bandara Soetta Bakal Berbasis Online

Pelaporan Karantina Perikanan di Bandara Soetta Bakal Berbasis Online

0
SHARE

Balai Besar Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Jakarta I Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) akan meluncurkan pelayanan berbasis online. Pelayanan Pelaporan Pemeriksaan Karantina (PPK) berbasis online tersebut diluncurkan guna meningkatkan pelayanan.

Kasie Data dan Informasi BKIPM Bandara Soetta Uhen Ruhendra menjelaskan, kehadiran sistem pelayanan berbasis online itu dibuat seiring dengan kemajuan teknologi dan untuk memudahkan proses pemeriksaan terhadap pengguna jasa untuk melakukan ekspor hasil Laut dan Perikanan.

“Dengan kehadiran sistem berbasis online ini, pengguna jasa tidak perlu menyampikan permohonan secara manual lagi, cukup dengan mengisi form yang sudah tersedia di ppk.bkipm.kkp.go.id,” katanya kepada Tangerangonline.id di Area Perkantoran Bandara Soetta, Tangerang, Kamis (3/3/2016).

Tentunya, sambung Uhen, pengguna jasa terlebih dahulu melakukan registrasi dan melengkapi persyaratan sesuai dengan ketentuan untuk mendapatkan username dan password.

“Adapun kelebihan dari PPK online tersebut yakni pengguna jasa tidak perlu mengantarkan hardcopy (salinan dalam bentuk kertas) PPK ke Karantina Ikan, itu yang pertama,”bebernya.

Selain itu kata Uhen, pengurusan akan lebih cepat karena data sudah terkirim ke sistem sebelum pengecekan barang, dan pengguna jasa akan mengetahui (melihat) langsung proses data yang sedang diproses tahap demi tahap oleh petugas Karantina serta dapat diakses melalui gadget atau smartphone.

Sistem berbasis online yang diberi nama SisterKaroline PPK (Sistem Komputer Karantina Ikan Online) itu sedang dalam tahap penyempurnaan.

“Secara aplikasi sudah siap, bahkan kami sudah melakukan uji coba sistem dengan beberapa perusahaan pengguna jasa,” ujarnya.

Sistem berbasis online ini kata Uhen, untuk pengguna jasa yang akan melakukan ekspor, sedangkan sistem Impor sudah berjalan sejak dua tahun yang lalu.

Sedangkan untuk peluncuran secara resmi, pihaknya masih menunggu kesiapan pengguna jasa untuk melakukan registrasi sistem online tersebut. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here