Home Berita SMSbunda Gratis Layani Ibu Hamil dan Menyusui

SMSbunda Gratis Layani Ibu Hamil dan Menyusui

0

SMSbunda merupakan salah satu layanan Short Message Service (SMS) yang memanfaatkan teknologi mobile untuk menyelamatkan ibu dan anak. Pemanfaatan teknologi tersebut berupa layanan gratis berisi informasi kesehatan bagi ibu hamil dan nifas sampai saat menyusui atau pengasuhan anak berusia 2 tahun.

Promosi SMSbunda digagas oleh IBU Foundation dengan melibatkan banyak pihak antara lain Bidan Koordinator, Petugas Promosi Kesehatan dan Bidan Desa. “Selain itu, kami juga bekerjasama dengan Kemenkes (Kementerian Kesehatan), Ge Foundation, dan Jhpiego,” ungkap Mochammad Andi, salah satu anggota dari IBU Foundation saat menghubungi tangerangonline.id melalui seluler, Selasa (12/4/2016).

Menurut Andi, tujuan SMSbunda adalah meningkatkan pengetahuan ibu dalam mengidentifikasi tanda bahaya selama hamil dan nifas, sehingga ibu dapat mencari pertolongan tepat waktu.

“Ada juga pengingat jadwal kunjungan ibu, bayi dan imunisasi. Hal tersebut diharapkan untuk mengurangi Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB),” beber Andi.

Hingga saat ini, kata Andi, jumlah pendaftar SMSbunda mencapai 188.000 lebih dari 222 kota dan kabupaten se-Indonesia. “Layanan SMSbunda bisa diperoleh dengan cara mengetik SMSbunda dan kirim ke 08118 469 468. Informasi yang didapat oleh ibu atau ayah akan diperoleh secara gratis,” tutupnya. (Muf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here