Home Index 7 Latihan Ringan Mata

7 Latihan Ringan Mata

0

Era teknologi membuat kita tidak bisa menghindari peran penting gadget dalam kehidupan sehari-hari. Semua alat komunikasi dan pekerjaan hampir semuanya berhubungan dengan gadget yang mengharuskan kita sering menatap layar komputer, laptop atau smartphone setiap hari.

Secara tidak langsung kegiatan rutin tersebut dapat menyebabkan efek negatif pada penglihatan karena mata tegang, maka dibutuhkan exercise ringan disela bekerja didepan layar komputer.

Exercise (latihan ringan) ini tidak hanya membantu mata terasa lebih baik, tentunya membebaskanmu untuk menyelesaikan pekerjaan dalam waktu yang sesuai, tidak akan ada lagi terasa sakit kepala atau mata gatal ketika mata tegang.Menjaga mata agar tetap rileks, dan agar bekerja tetap optimal, tentunya butuh perhatian seperti yang hari ini tangerangonline.id berikan tips-tips menjaga kesehatan mata kita, simak selanjutnya.

1. Pijat Mata

Mulailah exercise diposisi yang nyaman, pertama gosokkan kedua telapak tangan untuk membuat rasa hangat. Selanjutnya, bentuk tangan seperti cup lalu tempatkan pada mata yang tertutup dan tekan secara perlahan. Biarkan mata terasa hangat dan relax selama beberapa menit.

2. Kedipkan Mata

Pada saat asyik bekerja didepan komputer, sering kali lupa berkedip dan ini merupakan salah satu faktor yang membuat mata tegang lhoh. Biasakan untuk sering-sering mengedipkan mata saat didepan komputer, agar mata tidak kering dan tetap sehat.

3. Eye Rolling

Hal berikutnya untuk mengurangi ketegangan mata yaitu eye rolling (memutar-mutar mata), ketika sedang bekerja dilayar komputer luangkan waktu untuk menggerakkan bola mata ke kiri dan kanan. Caranya sederhana saja, tutup mata dan gerakkan mata kekiri dan kekanan secara memutar. Mata akan terasa seperti dipijat dan membantu mengurangi ketegangan pada otot mata.

4. Sedikit-Dikit Alihkan Pandangan

Mata terus menatap ke layar komputer sampai berjam-jam tentulah tidak baik untuk kesehatan mata, alihkan pandangan objek setiap 15 menit sekali. Misalnya kamu sudah menatap objek dilayar komputer selama 15 menit, lalu alihkan pandangan objeknya ke pemandangan sekitar selain layar komputer.

5. Sempatkan Istirahat Mata

Berikan mata waktu untuk istirahat dari pandangan komputer, sempatkan untuk melihat-lihat sekitar yang tidak berhubungan dengan komputer setidaknya satu jam sekali. Hanya butuh beberapa menit saja agar mata tidak tegang akibat terlalu fokus pada layar terus menerus, kalian 1bisa bercanda atau mengambil minum dan aktivitas lain sebagai take a break dari menatap layar komputer.

6. Melirik Mata Ke Kanan Dan Ke Kiri

Jangan remehkan melirik mata.! Ternyata melirik juga dijadikan salah satu exercise mata. Mulai tutup mata dan lirikkan mata kekiri dan kekanan, tahan sebentar lalu buka dan lihat kebawah. Ulangi ini beberapa kali.

7. Konsumsi Buah dan Sayuran

Mengonsumsi buah-buahan serta sayur membantu untuk menjaga kesehatan mata, terutama yang mengandung vitamin A cukup tinggi. Rutin konsumsi buah dan sayuran tidak hanya baik untuk mata saja tetapi juga baik untuk asupan gizi dalam tubuh.

Inilah tips-tipsnya yang bisa dilakukan agar mata sehat. Pastikan mata selalu nyaman agar kamu dapat bekerja dengan maksimal, mulailah execise mata dengan rutin jika mata sudah terasa tegang dan perih. Jangan lupa konsumsi sayuran, buah-buahannya juga ya untuk kesehatan mata dari dalam. (Har)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here