Home Berita RS Sari Asih Buka Kelas Senam Ibu Hamil

RS Sari Asih Buka Kelas Senam Ibu Hamil

0

Rumah Sakit (RS) Sari Asih Ciputat membuka kelas senam ibu hamil setiap hari Sabtu mulai pukul 09.00 WIB. Senam ibu hamil saat ini semakin digemari keluarga urban, karena merupakan latihan bagi ibu hamil untuk mempersiapkan fisik pada proses persalinan nantinya.

“Senam hamil dilakukan saat usia kehamilan sudah mencapai 30 minggu lebih. Manfaatnya untuk memperkuat otot-otot dan sendi, terutama otot bagian perut dan tulang punggung. Sehingga proses melahirkan nantinya bisa terbantu,” ungkap dr Irene Susilawati yang memandu senam hamil kepada tangerangonline.id, Sabtu (30/4/2016).

Selain latihan senam secara fisik, kata dokter Irene, peserta senam hamil juga diberi edukasi pra persalinan, sehingga ibu hamil memiliki persiapan yang matang. Diantaranya, ketenangan mental, percaya diri, serta pengaturan pernafasan saat menghadapi persalinan nanti.

Hal senada disampaikan salah satu peserta senam hamil, Mega Bernika. dirinya memperoleh banyak ilmu setelah mengikuti kelas senam hamil. “Banyak ilmu yang bisa kita dapat. Kita diajarkan cara menyusui, cara mengejan (ngeden), dan dikasih tahu proses kehamilan mulai dari 0 sampai 9 bulan,” paparnya.

Mega melakukan senam hamil hampir setiap pagi. Ia mempraktekan di rumah setiap gerakan yang diperolehnya dari kelas senam. “Jadi kelas hamil cuma buat belajar aja. Biar kita gak salah latihannya. Nanti setelah dapet ilmunya dari kelas, saya kadang ngajak tetangga atau saudara yang hamil juga untuk sama-sama rutin senam hamil,” pungkasnya. (Muf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here