Home Berita Majelis Manbaul Ulum Pondok Aren Buka Kelas Tahfidz

Majelis Manbaul Ulum Pondok Aren Buka Kelas Tahfidz

0

Majelis Manbaul Ulum yang berada di Pondok Jati, Kelurahan Jurang Mangu Barat, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) membuka kelas Tahfidz yaitu kelas untuk anak-anak dari tingkat Sekolah Dasar (SD) kelas 5 hingga tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas 3 dalam menghafal Al Quran.

Kelas Tahfidz ini dibuka secara resmi sejak 5 bulan yang lalu yaitu sejak akhir bulan November 2015 dan sudah memiliki 28 anak penghafal Al-Qur’an. “Sejak awal dibuka kelas Tahfidz, kita sudah memiliki 28 anak (17 putra, 11 putri) yang ikut kelas ini dan Alhamdulillah mereka sudah bisa menghafal kurang lebih 2 Juz yaitu Juz 30 dan Juz 29,” ucap Kepala Sekolah Tahfidz Manbaul Ulum, H Ezza Purnama kepada tangerangonline.id.

Ezza mengatakan bahwa awalnya kelas Tahfidz ini hanya berisi 5 sampai 6 orang saja tapi karena banyak masukan dari para orang tua akhir kelas Tahfidz ini dibuka secara resmi dengan tujuan untuk mewadahi anak-anak yang memiliki potensi dalam menghafal.

“Kita buka kelas Tahfidz ini ditujukan pada anak-anak yang punya potensi baik dari sisi kecerdasan menghafalnya nah itu bisa diwadahi karenakan banyak masukan dari orang tua kemudian kita juga coba dari kelas-kelas kecil yang isinya hanya 5 sampai 6 orang dan ternyata mendapat respon baik dan kita coba buat kelas yang lebih besar,” ujar Ezza saat menjelaskan awal mula dibentuknya kelas Tahfidz tersebut dengan tujuannya.

Terdapat tiga sistem menghafal yang diajarkan pada kelas Tahfidz ini yaitu pertama, pemberian hafalan baru dalam seminggunya yaitu di kelas, kedua, menghafalnya di rumah, dan ketiga yaitu muroja’ah (mengulang-ulang) hafalan dan itu dilakukan di rumah dan di kelas. Kemudian setiap satu Juznya kelas Tahfidz ini melakukan Munaqosah (Pengetesan atau Ujian) dengan cara melihat dari sisi ketepatan Lahfadz atau bacaannya yaitu dari Mahkorijul Huruf dan Tajwid.

Ezza juga menjelaskan bahwa kurikulum yang diberikan dari kelas Tahfidz Manbaul Ulum ini diprioritaskan Hafalannya, karena hafalan Al Quran merupakan target utama dari kelas Tahfidz itu sendiri.

“Kalau murid bisa rutin menghafal 2 halaman perminggu itu diharapkan dalam 6 tahun bisa menghafal 30 Juz,” pungkas Ezza.

Manfaat yang bisa di dapat dari belajar Tahfidz itu sendiri yaitu dapat memahami agama Islam, Al-Qur’an dan Hadits, kemudian memiliki Akhlak yang baik, dan yang terakhir bisa lebih mandiri. Ketiga manfaat tersebut disebut tri sukses generus dalam kelas Tahfidz Manba’ul ‘Ulum.

Untuk jadwal kelas Tahfidz itu sendiri yaitu seminggu 3 hari yaitu hari Rabu dan Kamis masing-masing 2 Jam, dan khusus hari minggu yaitu dari Jam 8 pagi hingga jam 3 Sore. Walaupun kelas Tahfidz ini tergolong baru, tetapi salah satu murid sudah bisa memberikan prestasi yang cukup bagus yaitu menjadi Juara 2 dari Lomba Tahfid tingkat sekecamatan yaitu Salsa. (Tan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here