Home Berita Pemulangan 244 WNI Bermasalah dari Arab Difasilitasi Kemenlu dan BNP2TKI

Pemulangan 244 WNI Bermasalah dari Arab Difasilitasi Kemenlu dan BNP2TKI

0
Sebanyak 244 Orang WNI Overstayer dan TKI Undocumented yang direpatriasi dari Jeddah, Arab Saudi saat didata di Lounge Khusus TKI Terminal 2D Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

Pemerintah kembali  memulangkan Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri, khususnya dari negara Timur Tengah. Pemulangan WNI bermasalah atau Overstayer dan TKI Undocumented tersebut difasilitasi oleh pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri RI dan Badan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) hingga ke daerah asal.

Sebanyak 244 WNIO dan TKIU kembali direpatriasi dari Jeddah, Arab Saudi dan tiba di tanah air pada Rabu (1/6/2016) pukul 14.15 WIB menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA983. Kepulangan WNI tersebut merupakan gelombang kedua dari bagian program percepatan pemulangan WNIO dan TKIU 2016.

Kasubdit Layanan Kepulangan DirektoratPemberdayaan Bidang Perlindungan BNP2TKI, Bambang Herawan mengatakan, kepulangan WNI kali ini merupakan yang kali pertama dipulangkan dalam jumlah besar.

“Ini yang pertama dipulangkan secara besar-besaran, kalau rutin itu sudah biasadalam arti pulang seperti biasalah. Gelombang kepulangan sebanyak 200 orang lebih, ini baru pertama. Pemulangan (WNI) Overstayer dan Undocumented dari Jeddah,” katanya kepada wartawan di Common Use Lounge Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (1/6/2016).

Bambang menjelaskan, permasalahan WNI yang mayoritas bekerja sebagai Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT) sangat beragam salah satunya menggunakan visa Umrah saat berangkat ke Jeddah, Arab Saudi.

“Salah satunya WNI atau TKI tersebut bandel, atau lari dari majikan, tapi campur juga ada yang Umrah juga ini, menggunakan visa Umrah dulunya. Tapi karena dia kerja dengan sendirinya kan terbatas ijin disana, akhirnya dengan ini pemerintah kita sesuai dengan nawacita presiden untuk memulangkan WNI yang di luar negeri yang dikategorikan overstayer, bermasalah atau undocumented,” bebernya.

Setelah selesai dilakukan pendataan oleh petugas BNP2TKI, WNI yang mayoritas berasal dari Jawa Timur tersebut difasilitasi kepulangannya ke daerah masing-masing dan ada juga yang pulang secara mandiri atau dijemput pihak keluarga. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here