Beranda Agenda Warga Tangerang Sambut Ramadan dengan Tradisi Munggahan

Warga Tangerang Sambut Ramadan dengan Tradisi Munggahan

0
Salah satu tradisi munggahan masyarakat Tangerang sambut Ramadan yaitu dengan berkumpul keluarga dan makan bersama.

Warga Tangerang menyambut bulan Ramadan dengan tradisi ‘munggahan’. Sebagian besar gelaran tradisi munggahan tersebut dilakukan dengan kumpul keluarga dan makan bersama.

Diketahui, ‘Munggahan’ berarti penjamuan makan untuk memperingati sesuatu atau peristiwa, untuk meminta berkah dan sebagainya. Tradisi tersebut konon sudah ada sejak dulu sebelum masuknya agama ke nusantara. “Setiap tahun pasti kita bikin acara Munggahan kayak begini, kumpul-kumpul bareng keluarga sambil makan-makan buat nyambut bulan Ramadan besok, ya itung-itung juga buat ajang silaturahmi keluarga besar juga. Nah entar malam kan kita langsung tarawehan bareng-bareng keluarga besar, pokoknya seru deh,” ujar Siti Aisyah saat diwawancarai tangerangonline.id, Minggu (05/06/2016) Sore.

Munggah menyambut hari pertama tanggal 1 di bulan Ramadan juga dilakukan dengan cara tersendiri untuk menyambut bulan yang suci. Tidak ketinggalan juga, tradisi munggahan juga bisa dilakukan dengan acara keagamaan seperti berziarah ke makan para wali, makam Syekh, makan orangtua atau ulama yang menyebar agama di suatu daerah. (Acp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini