Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy Chrisnandi kembali melakukan inspeksi pelayanan Pegawai Negeri Sipil (PNS) ke beberapa daerah. Kali ini, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menjadi tempat inspeksi sistem pelayanan yang diterapkan PNS Kota Tangsel.
Dalam kesempatan tersebut, pasca mengunjungi Polres Kota Tangsel, Menteri PAN-RB ditemani Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany langsung berkunjung ke Kantor Kecamatan Ciputat. Ia meninjau sistem pelayanan yang telah diterapkan Kantor Kecamatan Ciputat yang kemudian dinilainy baik. Hal itu menurutnya, dapat dilihat dengan adanya sistem seperti antrian masyarakat dan pelayanan e-KTP.
“Menurut saya Kecamatan Ciputat dikategorikan baik dan sudah memenuhi kualitas standar. Dari sistem pelayanan sudah terlihat baik dan ini yang ingin kami terapkan di setiap unit pemerintah karena Presiden Jokowi memerintahkan untuk memperbaiki sistem pelayanan di semua wilayah tidak hanya di kota,” ungkap Yuddy Chrisnandi kepada wartawan di Kecamatan Ciputat, Senin (13/6/2016).
Tak hanya Kecamatan Ciputat, ia juga menyimpulkan secara garis besar, Kota Tangsel dengan motto Cerdas, modern dan Religius sudah memiliki sistem pelayanan kepada masyarakat dengan cukup baik.
“Alhamdulillah, meski semuanya belum dilihat karena ini kan sample random, dilihat model kelurahannya dan kecamatannya sudah cukup baik. Jadi pelayanan yang meningkat baik, maka tingkat kepuasan masyarakatnya pun akan baik,” ujarnya.
Ia juga menjadikan Kecamatan Ciputat yang telah menerapkan sistem palayanan baik menjadi contoh untuk setiap unit pemerintahan yang berada di sekitarnya maupun di seluruh wilayah Indonesia.
“Saat ini yang dinilai baik maka harus jadi contoh untuk unit pemerintah lainnya terutama di sekitarnya. Kalau ternyata ada yang lebih baik lagi maka itu menjadi contohnya. Kalau Kecamatan Ciputat bisa maka daerah kota besar lainnya seperti Jakarta dan Bandung juga harus lebih bisa,” imbuhnya.
Sementara di tempat yang sama, Andi D. Patabai, Camat Ciputat mengatakan, pihaknya akan terus melakukan perbaikan-perbaikan agar pelayanan kepada masyarakat lebih baik dan meningkatkan kepuasan masyarakat.
“Pastinya kami terus melakukan evaluasi untuk perbaikan, untuk pelayanan, untuk masyarakat,” ungkapnya singkat. (Tan)