Home Berita Makanan Khas Tangerang: Ada Laksa Nyai dan Laksa Nyonya

Makanan Khas Tangerang: Ada Laksa Nyai dan Laksa Nyonya

0

Kota Tangerang memiliki khas makanan yang enak, namanya Laksa Tangerang. Nah kenapa disebut laksa Tangerang dan terbuat dari apa makanan yang dicintai oleh warga ini? Berikut liputan tangerangOnline.ID ke lokasi Wisata Kuliner Babakan, Kota Tangerang.

Ketika mencicipi makanan Laksa Tangerang, langsung dapat dirasakan bahwa makanan tersebut terbuat dari beras dan berbentuk seperti spaghetti. Beras berbentuk spaghetti atau bahan-bahan itu disiram dengan kuah Laksa yang dimasak dari kacang ijo, kentang, santan dan kaldu ayam. Selain itu, disediakan juga tambahan daging ayam kampung atau telor. Sebelum disajikan, masakan ini diberi taburan daun kucai yang dirajang kecil-kecil.

Amin (50), penjual Laksa Tangerang mengatakan, laksa terdapat dua macam jenis yaitu Laksa Nyai dan Laksa Nyonya. Laksa Nyai dibuat oleh kaum pribumi Tangerang, sedangkan Laksa Nyonya dibuat oleh kaum peranakan Tionghoa di Tangerang.

qa

“Kalau rasanya sama aja, tapi pembuatnya saja yang berbeda. Kalau laksa Nyai bisa didapatkan di samping POM Bensin Babakan Cikokol, sementara laksa Nyonya ada di Pasar Lama Kota Tangerang,” ungkapnya kepada tangerangonline.id, Senin (25/7/2016).

Menurut Amin, Laksa Tangerang telah berkembang tahun 1970-an dan dijajakan banyak pedagang keliling di Tangerang. Kini pedagang Laksa secara permanen dapat mudah ditemui dengan adanya Kawasan Wisata Kuliner Laksa Tangerang yang berada di Jalan Muhammad Yamin, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, dekat Lembaga Pemasyarakatan Wanita Tangerang, Kota Tangerang.

“Kita berjualan disini sejak tahun 2000, Alhamdulillah penggemarnya sangat ramai bukan hanya warga Tangerang saja melainkan warga Jakarta dan lainnya juga pernah singgah kesini,” tandasnya. (ES)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here