Home Agenda BNN Banten Gencarkan Penyuluhan

BNN Banten Gencarkan Penyuluhan

0

Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Banten menyelenggarakan penyuluhan bahaya narkotika pada daerah rawan penyalahgunaan narkoba di Kota Tangerang. Acara digelar di ruang rapat Korps Pergawai Republik Indonesia (Korpri), Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Rabu (31/8/2016).

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Provinsi Banten Letnan Kolonel Infantri (Letkol Inf) Sugino menjelaskan, penyebaran narkoba di Indonesia sudah sangat mengkhawatirkan. Para pedagang barang terlarang terus menarget pelajar, sehingga perlu upaya insentif untuk pencegahan narkoba tersebar di Banten.

“Mengurangi, korban karena narkoba, atau kalau bisa hilangkan angka korban narkoba yang khususnya di Provinsi Banten,” terang Letkol Inf Sugino.

Penyuluhan ini bertujuan untuk mengajak seluruh elemen di Kota Tangerang, agar lebih aktif lagi mencegah penyebaran narkoba. “Kami mengajak masyarakat Kota Tangerang. Baik itu masyarakat biasa, komunitas, maupun petugas kepolisian untuk bersama-sama mencegah agar narkoba tidak masuk ke Kota Tangerang ini,” jelas Letkol Inf Sugino.

Praktisi penanggukan AIDS Provinsi Banten Arief Mulyawan mengingatkan, penyebaran HIV/AIDS akibat penggunaan narkoba juga sudah sangat menghawatirkan, terutama di Provinsi Banten. “Penggunaan narkoba tidak hanya berdampak buruk karena kecanduannya, tapi juga berperan besar terhadap penyebaran AIDS, terutama di Kota Tangerang ini,” papar Arief.

Pasalnya, saat seseorang mengkonsumsi narkoba akan menjadi sulit mengendalikan hasrat seksualnya. Hal tersebut membuat virus tersebut dapat tersebar lebih cepat ke orang lain.

“Jadi tidak bisa mengontrol dengan siapa ia telah berhubungan, dan penggunaan jarum suntik secara bersama,” tandasnya.

Penyuluhan ini dihadiri oleh Asisten Daerah (Asda) II Kota Tangerang Tabrani, Kepala Polisi Sektor (Kapolsek) Cipondoh Komisaris Polisi (Kompol) Paryanto dan perwakilan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Tangerang. (Yip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here