Home Berita 24 SMK se-Indonesia Serentak Job Matching Hingga Oktober

24 SMK se-Indonesia Serentak Job Matching Hingga Oktober

0

Job Matching program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) digelar dibeberapa wilayah dengan waktu yang bersamaan. Diketahui, ada 24 SMK yang ditunjuk sebagai pelaksana kegiatan tersebut, awal Agustus sampai akhir Oktober bergantian SMK yang melaksanakan Job Matching SMK 2016.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Pelaksana Jobs Maching SMK 2016 SMKN 3 Ema Sukma, bahwa yang saat ini berbarengan dalam pelaksanan Job Matching SMK 2016 pada 7 September 2016, dari SMKN 1 Bengkulu dan SMKN 13 Bandung.

“Di Bengkulu yang buka acara Job Matching langsung bapak Menteri, karena beliau lagi ada di sana. Kami tidak melihat siapa yang membuka acara, tapi yang pokok dalam acara ini, bagaimana bisa mengundang para pengusaha yang bonavit dan para murid lulusan SMK datang ke acara ini,” jelas Ema.

Tambah Ema, dirinya selama sebulan berjibaku untuk mendatangkan perusahaan yang bonavit dalam mengikuti acara tersebut. Lebih dari 40 perusahaan yang saat ini mengikuti kegiatan tersebut. “Sangat sulit untuk perusahaan yang bonavit dapat berpartisipasi dalam memberikan peluang kerja kepada murid lulusan SMK. Karena masih banyak perusahaan yang masih memandang SMK itu sama dengan SMA. Alhamdulillah kemaren 40 perusahaan, sekarang ditambah beberapa perusahaan yang semalem meminta untuk dapat mengikuti kegiatan Job Matching SMK 2016,” terangnya.

Lowongan yang disediakan dari perusahaan ada sekitar kurang lebih 1200 lowongan. Paling banyak di bidang pariwisata yang disediakan dalam kegiatan tersebut. “200 lowongan untuk luar negeri, Mitra Metra Reksa Mandiri perusahaan yang membutuhkan lowongan untuk di luar negeri,” imbuh Ema.

Masih dalam keterangan Ema, bahwa disiapkan 80 persen untuk kepada lulusan SMK dan 20 persen kepada para pemuda di Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

“Awal agustus SMKN 1 Pandeglang sudah melaksanakan Job Matching ini. Jadi setiap Provinsi ada 2 Sekolahan. Lalu kita pun melaksanakan Seminar dan Talkshow, peserta seminar kemarin kepala sekolah, yang Talkshow saat ini, murid kelas 12 dengan tema Say No To Galau,” pungkasnya. (Yip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here