Home Agenda KNPI Kota Tangerang dan DPR RI Sosialisasi Kebangsaan

KNPI Kota Tangerang dan DPR RI Sosialisasi Kebangsaan

0

Di era globalisasi, pemahaman kebangsaan di kalangan pemuda dianggap mengalami penurunan. Maka itu DPD KNPI Kota Tangerang bekerjasama dengan DPR RI menggelar sosialisasi kehidupan berbangsa dan bernegara, Kamis (15/9/2016).

Kegiatan yang bertema peran pemuda bagi pembangunan berlandaskan Pancasila itu menghadirkan narasumber diantaranya anggota DPR RI Dapil Tangerang Raya Andi Achmad Dara dan mantan Ketua KNPI Kota Tangerang Dohiri Adam. Diskusi tersebut berjalan cukup dinamis dengan adanya tanya jawab dengan para peserta.

Ketua DPD KNPI Kota Tangerang Rusdi mengatakan, saat ini sudah jarang dilaksanakan sosialisasi 4 pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Nkri. Padahal dahulu setiap sekolah, perguruan tinggi bahkan pemerintahan sudah menjadi keharusan penataran P4 (Pendidikan, Penghayatan dan Pengamalan Pancasila).

“Jaman orde baru dulu penataran P4 menjadi ruang literasi nilai-nilai kebangsaan. Sekarang sudah mulai kendor khususnya dikalangan pemuda yang kian terkikis,” kata Rusdi dalam sambutannya.

Menurut Rusdi, pergeseran ini sangat memperihatinkan, maka itu acara ini mempunyai dampak manfaat bagi pemuda untuk memahami dan menerapkan nilai pancasila. Dikatakannya, dahulu founding father telah merumuskan pancasila sebagai pemersatu bangsa.

Anggota DPR RI, Andi Achmad Dara menyatakan, ke depan tantangan generasi muda sangat berat. Terlebih lagi saat ini sudah diberlakukan Masyarakat Ekonomi Asean dimana persaingan semakin ketat.

“Kita merasakan begitu rentannya dan sensitifnya terhadap pengaruh ekonomi global. keadaan ekonomi kita mengalami sedikit gangguan krisis. Berbagai cara dilakukan pemerintah dan DPR untuk efisiensi, bahkan dilakukan koreksi dua kali APBNP,” jelasnya.

Anggota Komisi XI ini menambahkan, ideologi Pancasila dikalangan pemuda harus diperkuat dan ditingkatkan. Bisa dilihat sekarang banyak sekali tingkah laku pemuda yang menyimpang.

“Saya berharap pemuda dapat berkarya untuk membangun bangsa, mampu bersaing dan memberikan terobosan mewujudkan Indonesia yang lebih maju adil dan sejahtera,” pungkasnya. (Yip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here