Home Berita 43.882 PNS Belum Lapor LKPHN ke KPK

43.882 PNS Belum Lapor LKPHN ke KPK

0

Sebanyak 43.882 Pegawai Negeri Sipil (PNS) belum melaporkan harta kekayaannya kepada lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal itu diungkapkan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo saat rapat kerja evaluasi pelaksanaan pengawasan penyelenggaraan pemerintah daerah 2016 di Hotel Borobudur Jakarta, Senin (26/9/2016).

“Masih rendahnya integritas penyelenggara pemerintahan daerah, antara lain masih terdapat 43.882 atau 40,60 persen wajib LHKPN yang sama sekali belum melaporkan LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) ke KPK,” ujar Tjahjo.

Hal itu diketahuinya, karena dalam 5 bulan terakhir ini, Kemendagri rutin mendapatkan tamu dari BPK dan KPK. Dalam hal itu,  KPK menyoroti pemerintahan daerah di Sumut (Sumatera Utara), Riau, Banten dan Papua yang masih minim integritas.

Tjahjo juga menilai pemerintah daerah belum maksimal menjalankan pengawasan dan penyelenggaraan pemerintahan. Tjahjo mengatakan di beberapa daerah masih ada kepala daerah belum memahami peraturan.

“Masih banyak kepala daerah, gubernur, bupati, walikota belum paham adanya aturan berkaitan undang-undang, perda, di pemerintahannya sendiri merasa tidak bertanggungjawab,” pungkas Tjahjo.

Sekedar diketahui, dalam rapat tersebut dihadiri wakil gubernur dan inspektorat seluruh Indonesia. Ada 370 orang kepala daerah yang mengikuti acara yang diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. (Uar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here