Home Berita Gunakan Paspor Palsu, WN Sri Langka Diamankan Petugas Imigrasi Bandara Soetta

Gunakan Paspor Palsu, WN Sri Langka Diamankan Petugas Imigrasi Bandara Soetta

0

Seorang pria berkewarganegaraan Sri Lanka berinisial SS alias RG diamankan petugas Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). SS alias RG diamankan petugas karena kedapatan menggunakan paspor palsu saat pemeriksaan Keimigrasian di Bandara Soetta pada Rabu (21/9/2016).

Kepala Bidang Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Bandara Soetta Barron Ichsan menjelaskan, terduga SS alias RG merupakan penumpang pesawat Mihin Lanka MJ603 dari Kolombo. Ketika dilakukan pemeriksaan Keimigrasian, SS alias RG menggunakan paspor emergensi kebangsaan Jerman.

“Setelah dilakukan pemeriksaan dan wawancara, petugas curiga terhadap paspor SS alias RG karena Paspor Emergensi seharusnya digunakan langsung ke negara asal, namun yang bersangkutan terlebih dahulu perge ke negara Indonesia,” kata Barron kepada wartawan di kantornya, Bandara Soetta, Tangerang, Rabu (28/9/2016) malam.

Kemudian lanjut Barron, SS alias RG dibawa ke ruangan Supervisor Imigrasi di Terminal 2D untuk pemeriksaan lebih lanjut. “Ketika dilakukan pemeriksaan awal, yang bersangkutan akhirnya mengakui bahwa ia merupakan warga negara (WN) Sri Lanka dan paspor Emergensi Jerman yang digunakan didapat atas bantuan seseorang dengan membayar sejumlah uang,” ungkapnya.

Petugas kemudian membawa SS alias RG ke kantor Imigrasi Klas I Khusus Bandara Soetta untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Dalam pemeriksaan lebih lanjut di Kantor Imigrasi Soetta, SS alias RG adalah benar WN Sri Lanka dan memiliki paspor yang masih berlaku,” beber Barron.

SS alias RG kini ditahan di Ruang Detensi (Sel Khusus) Kantor Imigrasi Soetta karena melanggar Pasal 119 ayat 2 UU nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian dengan ancaman pidana penjara paling lama 5 tahun dan pidana paling banyak Rp 500 juta. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here