Home Agenda Festival Situ Bungur, Ratusan Warga Mancing Lele

Festival Situ Bungur, Ratusan Warga Mancing Lele

0

Ratusan warga Tangerang Selatan (Tangsel) mengikuti perlombaan dalam ajang Festival Pesta Rakyat Situ Bungur ke-4 di Kelurahan Pondok Ranji,  Kecamatan Ciputat.

Lomba tersebut di antaranya diisi dengan memancing ikan lele secara massal di Situ Bungur yang semakin mengundang perhatian masyarakat. 

Sekira 1 kwintal ikan lele dan ikan lainnya terlebih dahulu ditabur ke dalam Situ Bungur untuk dipancing oleh para peserta. Selanjutnya, dari 430 peserta yang mendapat ikan terberat, maka akan menjadi pemenang perlombaan.

Hadiah yang disediakan pun sangat menggiurkan, untuk Juara I mendapatkan Tropy dan uang tunai Rp 750.000, Juara II Tropy dan Rp 500.000, dan Juara III mendapatkan Tropy dan Rp 350.000. Apalagi diketahui biaya pendaftaran peserta digratiskan, hanya saja menyerahkan fotocopi indetitas pengenal (KTP).

Sampai saat ini, peserta yang telah mendapatkan ikan terberat adalah Didi dengan total berat ikan lele seberat 4,75 kilogram.

“Semangat terus mancing sampe ikan terbesar ketangkep nih, untuk umpan sih biasa aja sewajarnya mancing ikan,” kata Didi, warga, Sabtu (05/11/2016).

Sementara, Kepala Kantor Budpar Tangsel mengatakan, festival yang diadakan setiap tahun ini bertujuan untuk membangun kesadaran rakyat terhadap lingkungan hidup bahwa terdapat fungsi dan manfaat dari Situ Bungur, mengembangkan budaya betawi, serta menjadikan situ bungur sebagai tempat destinasi wisata.

“Tujuan kami mengadakan festival Situ Bungur diantaranya pertama, membangun kesadaran lingkungan hidup warga sekitar Situ Bungur akan pentingnya fungsi dan manfaat Situ Bungur. Kedua, melestarikan kebudayaan Betawi sebagai ciri khas budaya masyarakat Tangsel. Dan yang terakhir, mengembangkan Situ Bungur sebagai tempat destinasi wisata yang murah dan menyenangkan,” ujar Yanuar, kepala Kantor Kebudayaan dan Pariwisata Tangsel, Sabtu (5/11/2016).

Ia juga menambahkan bahwa acara festival ini merupakan salah satu rangkaian dari Hut Tangsel ke-8. “Ini adalah rangkaian pertama kita menuju HUT Tangsel,” ungkapnya. (DK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here