Home Berita Pemkot Gelar Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan di Tangsel

Pemkot Gelar Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan di Tangsel

0

Pemerintah Kota Tangerang Selatan tengah merealisasikan program kegiatan penanggulangan kemiskinan. Pemkot melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangsel mengadakan Rapat Koordinasi Program Penanggulangan Kemiskinan Daerah Kota Tangsel Tahun 2016 yang bertepat di Hotel Grand Zuri BSD City, Serpong.

Rapat koordinasi ini dihadiri Wakil Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie, Kepala BPS Kota Tangsel Faizin, perwakilan dari Bappeda Provinsi Banten sebagai Sekretariat Tim Koordinasi penanggulangan Kemiskinan Daerah Provinsi Banten Desta, Kabid Bantuan dan Jaminan Sosial pada Dinsosnakertrans Kota Tangsel Ponco Budi Santoso dan Camat dari se-Kota Tangsel serta para SKPD di lingkup Kota Tangsel selaku penanggung jawab program.

Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie dalam sambutannya mengatakan, selama ini Pemerintah Kota Tangsel yang dipimpin Walikota Airin Rachmi Diany dalam visinya semata-mata untuk peningkatan kualitas dan daya saing kota yang dimaksudkan untuk mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Tangsel.

Bang Ben sapaan akrab Benyamin  Davnie menuturkan, laju pertumbuhan ekonomi Kota Tangsel tahun 2011-2015 menempati urutan paling tinggi diantara kabupaten/kota lain di provinsi Banten.

“Ini merupakan hasil yang selama ini diupayakan bersama. Tantangan yang dihadapi saat ini adalah bagaimana agar peningkatan kesejahteraan masyarakat yang sudah diupayakan dibarengi dengan pemerataan kesejahteraan yang proposional dan berkeadilan. Oleh karena itu dari beberapa data-data yang tercatat pada tahun 2011-2015, dapat disimpulkan betapa pentingnya upaya memperkuat daya saing ekonomi daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Bang Ben.

Dia pun mengingatkan kembali bahwa untuk menanggulangi kemiskinan di daerah Kota Tangsel, maka para SKPD yang terbentuk sebagai penanggung jawab  untuk mensinkronkan antara program pembangunan yang sudah ditetapkan dalam RPJMD dengan rencana kerja strategis/rencana aksi yang lebih teknis dalam menanggulangi kemiskinan dengan berlandaskan basis data terpadu.

“Perlu diperhatikan, hal ini perlu adanya sinergisitas antara SKPD yang bersangkutan dan tetap konsen (fokus) pada RPJMD dengan program-program yang dibuat,” ucapnya.

Disamping itu, Ketua Panitia Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kota Tangsel, Caroline juga menyampaikan, kegiatan ini dimaksudkan mengumpulkan para SKPD dari kecamatan yang merupakan dari tim penanggulangan kemiskinan di Kota Tangsel untuk mensinkronkan program atau perencananaan aksi kedepan dari penanggulangan kemiskinan di Kota Tangsel.

“Pada hari ini tim mengundang kurang lebih 20 SKPD dan kecamatan. Selain mensinkronkan program, selaku sekretariat TKPPKD bertugas menyusun laporan pelaksanaan penanggulangan kemiskinan yang pertahun secara rutin dilaporkan ke TKPKD provinsi. Selain itu Tim menghadirkan narasumber dari Badan Pusat Statistik Kota Tangsel sehubungan dengan basis data terpadu 2015,” tandas Caroline. (Abi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here