Home Berita Gema Kosgoro Pertanyakan Pelimpahan Aset Banten dari Jabar

Gema Kosgoro Pertanyakan Pelimpahan Aset Banten dari Jabar

0

Gerakan Mahasiswa (Gema) Kosgoro Banten menyambangi kantor DPRD Provinsi Banten untuk mempertanyakan permasalahan pelimpahan aset Provinsi Banten dari Provinsi Jawa Barat yang hingga saat ini belum tuntas sepenuhnya.

Ketua Gema Kosgoro Banten, Junaidi mengutarakan, tujuan pihaknya mempertanyakan aset-aset atas pelimpahan pasca pemekaran dari Jawa Barat, yaitu sebagai bentuk kontribusi organisasinya dalam menjaga aset yang sudah seharusnya milik Banten.

“Hal ini perlu dipertanyakan (aset), kita sebagai agent of control mempunyai peran untuk bangsa ini terutama di daerah-daerah. Apalagi, kita adalah Gema Kosgoro Banten yang harus mengawal daerah Banten,” katanya usai audensi bersama Ketua DPRD Banten di Pusat Pemerintahan Provinsi Banten, Senin (16/1/2017).

Seperti aset Situ Cipondoh yang dilimpahkan ke Banten masih memiliki persoalan terkait luas Situ tersebut. Namun, persoalan ini dijawab langsung oleh Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah bahwa pihaknya telah mendorong pemerintah provinsi untuk segera membenahi aset-aset yang ada di Banten.

“Karena Kosgoro mempertanyakan aset, maka saya pun juga harus menjawabnya. Pada dasarnya, kita sudah melakukan surat-menyurat antara Pemerintahan Banten ke Jawa Barat dan kami (anggota DPRD) prinsipnya sebagai pengawasan artinya hanya memberi dorongan pada pemerintah provinsi untuk segera melakukan penataan terhadap aset-aset apapun dalam hal ini penyerahan aset dari Jawa Barat ke Banten,” ujar Asep.

Dia juga menyarankan, Gema Kosgoro dapat meraih data secara kompeherensif soal aset kepada pemerintah provinsi yang menangani soal aset.

“Bisa lebih lengkap. Tinggal surati saja. kan sudah ada keterbukaan informasi publik,” tuturnya.

Dia pun juga mengapresiasi Gema Kosgoro atas kepeduliannya terhadap aset milik Banten. Apalagi, disebutkan oleh Ketua Gema Kosgoro Banten bahwa Pengurus Pusat Gema Kosgoro telah membentuk tim verifikasi aset yang bekerjasama dengan Kementerian Keuangan, Kejaksaan RI,  dan lainnya.

“Wah bagus tuh,  apalagi sudah ada tim verifikasi, itu sangat membantu pemerintah banget,” tandasnya.

Selain persoalan aset, temu muka Gema Kosgoro Banten dengan Ketua DPRD Banten  juga membahas persoalan lainnya seperti pendidikan di Banten serta keberagaman dalam berbangsa. (abi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here