Home Berita Pesawat Garuda Indonesia GA-258 Berhasil Dievakuasi

Pesawat Garuda Indonesia GA-258 Berhasil Dievakuasi

0

Pesawat Garuda Indonesia GA-258 yang tergelincir di Bandara Internasional Adisucipto Yogyakarta pada hari Rabu (1/2) malam, telah berhasil dievakuasi.

Pesawat jenis Boeing 737-800NG tersebut berhasil dievakuasi pada Kamis (2/2) sekira pukul 12.47 WIB.

VP Corporate Communications Garuda Indonesia, Benny S. Butarbutar mengatakan, upaya pemindahan pesawat dengan registrasi PK-GNK tersebut sempat mengalami kendala mengingat kondisi rerumputan dan kontur tanah yang lembek di sekitar landasan pacu.

“Sejauh ini proses penyelesaian evakuasi pesawat berjalan sesuai dengan target yang ditetapkan. Situasi dan kondisi di lapangan  mengakibatkan tim teknis evakuasi gabungan perlu melakukan upaya pengerasan area tanah yang lembek dengan pelapisan pasir batu, dan penggunaan pelat baja untuk memudahkan proses pengangkatan dan penarikan pesawat dari rerumputan ke area parkir,”  kata Benny, Kamis (2/2/2017).

Dengan adanya peristiwa tersebut, pihak Garuda Indonesia menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh stakeholders perusahaan atas ketidaknyamanan yang terjadi, khususnya para pengguna jasa yang mengalami penundaan dan pembatalan penerbangan.

Untuk mengangkut penumpang dengan tujuan maupun asal Bandara Adistujito Yogyakarta, Garuda Indonesia sempat mengalihkan seluruh penerbangan dari dan ke Yogyakarta ke Solo.

Untuk penanganan seluruh  penumpang tujuan Yogyakarta tersebut, Garuda Indonesia menyiapkan sarana transportasi berupa bus yang saat ini telah standby di Bandara Adi Sumarmo, Solo untuk mengangkut penumpang menuju Yogyakarta.

“Seluruh penerbangan dari dan menuju Yogyakarta diharapkan sore hari nanti sudah dapat berjalan normal seperti biasa,” katanya.

Benny menjelaskan, selain melakukan investigasi internal, Garuda Indonesia menyerahkan proses investigasi penyebab Serious Incident PK-GNK di Bandara Adisutjipto Yogyakarta tersebut kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPPU) sesuai dengan ketentuan penerbangan sipil yang berlaku.

“Garuda Indonesia juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak TNI AU, Basarnas, Angkasa Pura I, anak perusahaan GMF dan Gapura, dan pihak-pihak lain yang terlibat langsung dalam proses ini, sehingga evakuasi pesawat GA-258 dapat berlangsung dengan baik” tutup Benny. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here