Home Berita Alasan Kabupaten Tangerang Usung Raperda Kebudayaan

Alasan Kabupaten Tangerang Usung Raperda Kebudayaan

0

Pengusungan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kebudayaan Daerah di Kabupaten Tangerang adalah sebuah alasan penting bagi Kabupaten Tangerang untuk menjadi payung hukum dalam menghak patenkan aneka kebudayaannya.

Kepala Dinas Olahraga Budaya dan Pariwisata, Ahmad Taufik mengungkapkan, Raperda ini diusung agar pihaknya mempunyai regulasi mengikat dan tetap untuk melestarikan budaya di Kabupaten Tangerang.

“Sejauh ini kami belum bisa mengklaim budaya asli Kabupaten Tangerang, karena belum ada relugasi yang mengatur akan prihal ini,” ungkapnya saat dihubungi tangerangonline.id, Jumat (17/2/2017).

Lanjut mantan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Tangerang ini, untuk secara khusunya memang belum ada undang-undang yang mengatur tentang kebudayaan, tetapi dalam UUD 1945 Pasal 32 tertulis, ‘Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah kebudayaan dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai budayanya’.

“Saya rasa Pasal 32 UUD 1945 sudah cukup, untuk kami mengusulkan Raperda Kebudayaan Daerah ini untuk dibahas oleh DPRD,” tegasnya.

Jadi, lebih lanjut Taufik, dengan adanya Raperda ini, menjadi suatu acuan untuk pihaknya dan beserta seluruh masyarakat Kabupaten Tangerang untuk bangga dan melestarikan budaya Kabupaten Tangerang.

“Budaya Kabupaten Tangerang tidak hanya dinikmati di masa kita saja, Raperda ini hadir agar generasi kita pun bisa menikmati budaya kita dan terus menjaganya hingga regenerasi selanjutnya,” pungkasnya. (Yan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here