Home Berita JAS Kembangkan Ekonomi Kreatif Masyarakat Sekitar Bandara Soetta

JAS Kembangkan Ekonomi Kreatif Masyarakat Sekitar Bandara Soetta

0
SHARE

Corporate social resposibility (CSR) PT Jasa Angkasa Semesta Tbk (JAS Airport Services) di tahun ini berfokus mendorong pengembangan ekonomi kreatif berbasis masyarakat sekitar Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).

Hal ini dibuktikan dengan suksesnya warga Kelurahan Benda, Kecamatan Benda, Kota Tangerang yang tergabung dalam Koperasi Saba memanen 4.000 ekor ikan lele dari 4 kolam.

Sebagai perusahaan nasional yang bergerak di ground handling, JAS mempunyai kewajiban untuk membantu mendorong pengembangan ekonomi kreatif masyarakat di sekitar kantor atau wilayah operasional JAS, khususnya Bandara Soetta.

Salah satu cara untuk mendorong produktivitas tersebut ialah melalui budi daya lele. Budidaya ikan lele yang dikembangkan warga ini merupakan bagian dari CSR JAS Airport Services. Program ini pertama kalinya mulai dikembangkan JAS sejak Desember 2016 silam.

Panen sekaligus serah terima tambak lele tersebut dilakukan pada hari Minggu (16/4) di Situs Bersejarah Rawa Bokor, Kelurahan Benda, Kota Tangerang.

Wakil Direktur Operasional JAS, Subiyono mengatakan, hal tersebut merupakan salah satu dari usaha dan juga bentuk kepedulian dari PT JAS sebagai salah satu perusahaan yang selama ini beroperasi di bandara untuk memperhatikan masyarakat di sekitar Bandara Soetta yang tujuannya untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Pemberdayaan masyarakat akan difokuskan dalam pemberian CSR di tahun 2017. Untuk awal tahun ini sudah dimulai dengan pembesaran ternak lele. Mudah-mudahan tidak hanya ini saja, kedepannya kita cari peluang lain termasuk tenaga kerja dan sebagainya,” kata Subiyono kepada tangerangonline.id di Kantor Kelurahan Benda, Kecamatan Benda, Kota Tangerang, Minggu (16/4/2017).

Ia berharap dengan hasil penjualan ikan lele ini dapat meningkatkan ekonomi warga dan bisa menjadi usaha tambak berkelanjutan untuk menambah penghasilan warga sekitar.

“Pola awalnya JAS akan membantu menyiapkan modal dan pendampingan komunitas. CSR model ini kami yakini akan melahirkan masyarakat yang memiliki kemampuan untuk hidup mandiri dan bisa mengurangi beban ekonomi,” tambah Wahyu Dewanto, Wakil Direktur Umum JAS.

Pada kesempatan yang sama, Camat Benda Teddy Roestandi, kegiatan seperti ini kita harapkan berkesinambungan yang merupakan kepedulian perusahaan yang ada di sekitar bandara dengan meningkatkan ekonomi yang ada di wilayahnya.

“Alhamdulillah, ini adalah kepercayaan nasabah koperasi yang bisa mengeluarkan potensi juga. Jangan hanya dilihat ternak lele tapi harus dilihat hasilnya, mudah-mudahan tidak hanya ini saja mungkin yang lain juga. Terlebih untuk tenaga kerja,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh, Ketua Koperasi Saba Benda, Achmad Fauzan.

“Kami berharap kedepannya program sosial yang seperti ini dapat berkesinambungan guna meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat Kelurahan Benda,” pungkasnya. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here