Home Berita Pelayanan KTP-el, Tangsel Terapkan SMS Gateway

Pelayanan KTP-el, Tangsel Terapkan SMS Gateway

0

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menerapkan sistem pelayanan SMS Gateway guna mempermudah masyarakat mengakses KTP Elektronik (KTP-el) dan hal ini juga mengantisipasi atas kekosongan material blanko KTP-el.

“Sebetulnya sistem ini udah lama namun dari kementrian, jatuh pada tahun 2015 kalau ngak salah,” ujar Kepala Bidang Kependudukan dan Catatan Sipil Heru Sudarmanto, Jumat (2/6/2017).

Heru menjelaskan, untuk penerapan sistem tersebut pemohon diminta untuk meninggalkan nomor handphonenya dan melalui sitem tersebut masyarakat yang membuat akta akan mendapat SMS pemberitahuan bahwa akta sudah selesai dan bisa diambil

“Jadi SMS Gateway teknisnya masyarakat nanti akan mendapat sms berupa pemberitahuan dari pihak kami yang menyatakan E-KTP, akta, ataupun KK yang diurus telah selesai,” jelasnya.

Menurutnya, dengan SMS Gateway ini, maka waktu penyelesaian akta maupun E-KTP ke pemohon menjadi lebih singkat dan adanya kepastian selesainya akta tersebut.

“Semoga dengan adanya SMS Gateway mampu mempersingkat waktu penyampaian terhadap pemohon,” katanya.

Ia berpendapat, bahwasannya tidak mungkin warga di Tangsel ini tidak memiliki Handphone, setidaknya dalam satu rumah pasti mereka memiliki handphone.

“Sangat tidak bisa dipercaya kalau dalam satu rumah atau satu keluarga tidak punya handphone, dan SMS Gateway ini cukup membantu dan saya rasa tidak menjadi masalah,” tegasnya.(Arf)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here