Home Berita Tangsel Perkenalkan IKM Daerah di Moskow

Tangsel Perkenalkan IKM Daerah di Moskow

0
SHARE

Kota Tangerang Selatan memperkenalkan produk dan potensi Industri Kecil Menengahnya (IKM) dalam ajang Festival Indonesia Moskow 2017 yang digelar di Hermitage Garden, Moskow, Rusia pada 4-6 Agustus 2017 lalu.

Festival Indonesia Moskow 2017 tersebut tidak hanya sebagai ajang pentas budaya, tetapi mengemban misi ekonomi. Sedangkan Tangsel menjadi salah satu Kota/Kabupaten yang turut menampilkan potensi daerahnya.

Asisten Daerah II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Tangsel, Uus Kusnadi, menjelaskan, Tangsel memanfaatkan event ini untuk mengenalkan potensi daerah yang dimiliki Tangsel, salah satunya dengan membuka stand untuk memasarkan produk makanan dan lainnya.

“Ini tahapan awal untuk penjajakan atau pengenalan produk yang ada di Tangsel kepada masyarakat Moskow, Alhamdulillah masyarakat di Moskow sangat antusias terhadap produk yang disajikan diantaranya sambal dan rendang olahan masyarakat Tangsel,” ucapnya.

Sementara,Kasie Promosi dan Usaha Dinas Perindustrian dan Perdagangan Tilly Raycitra Widya menjelaskan, tidak hanya sambal dan rendang olahan, namun hasil produk IKM binaan Disperindag Tangsel, diantaranya kerajinan tangan, rempah-rempah pun dibawa ke Moskow.

“Kita bawa produk yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan penduduk Rusia yang sudah disampaikan melalui KBRI dan Kementerian Dalam Negeri,” ungkapnya

Tilly menjelaskan event ini sangat penting, dalam pengenalan produk atau potensi daerah yang ada kepada masyarakat luas, dan dengan hal ini kuga mampu menjadikan tolok ukur bagi IKM Tangsel untuk lebih berkreasi.

“Event ini sangat penting karena dengan ini kita dapat mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan bagi IKM Tangsel baik untuk kebutuhan domestik maupun internasional. Dengan mengetahui kebutuhan pasar yang ada maka kita dapat lebih spesifik dalam pembinaan dan pengembangan industri di tangsel dengan harapan meningkatkan perekonomian kota Tangsel,” jelasnya.

Dia berharap, Tangsel mempunyai peran dalam memenuhi kebutuhan penduduk rusia yang tersampaikan melalui sesi bisnis matching antara Disperindag Tangsel dengan beberapa potensial buyer di Rusia.

“Hasilnya kami menemukan beberapa potensial buyer terhadapat beberapa item yang dapat dipenuhi oleh IKM Tangsel dan selanjutnya Disperindag Tangsel akan mengevaluasi dan menjadikannya sebagai pedoman didalam memberikan pembinaan dan pengembangan IKM di tangsel,” harapnya melalui keterangan tertulisnya diterima Tangerangonline.id.

Adapun rangkaian kegiatan FI Moskow 2017 berupa forum bisnis, pameran produk Indonesia, fashion show, kuliner, pertunjukan seni dan budaya, dan layanan informasi tentang Indonesia. Selain itu, direncanakan juga peluncuran Paviliun Indonesia di Food City Moscow sebagai tempat Permanent Display untuk komoditas ekspor industri pangan Indonesia di Rusia.

Tiga hari pelaksanaan FI Moskow 2017 pada musim panas dengan keindahan Hermitage Garden Moscow yang dipadukan dengan nuansa Indonesia akan diikuti oleh sekitar 500 peserta dari Indonesia dan 90 ribu pengunjung hadir. (Arf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here