Home Berita SIMPPEL Tangsel Permudah Wajib Pajak Bayar PBB

SIMPPEL Tangsel Permudah Wajib Pajak Bayar PBB

2

Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) merupakan salah satu pajak daerah yang cukup besar memberikan kontribusinya terhadap pendapatan daerah Tangerang Selatan (Tangsel). Hal ini yang membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) terus berupaya meningkatkan pengelolaan pemungutan PBB untuk meningkatkan penerimaan Pajak.

Salah satu upaya Pemkot Tangsel menumbuhkan kesadaran masyarakat (wajib pajak) dengan meningkatkan pelayanan berbasis online yakni program Sistem Penyampaian SPPT PBB Elektronik (SIMPPEL). Program ini juga bertujuan untuk menciptakan Smart City di Kota Tangsel.

Diketahui SIMPPEL merupakan nama program pergantian dari e-SPPT yang saat ini dapat diakses pada website resmi milik Pemkot Tangsel. Nantinya, dengan sistem ini masyarakat (wajib pajak) dengan mudah mengakses dan mengetahui nilai pajak terhutang kapan saja dan dimana saja sebelum dibayarkan.

“Dengan sistem itu, masyarakat yang kesulitan memperoleh SPPT PBB untuk membayar pajak dapat mencetak sendiri dengan melakukan registrasi pada e-sppt.tangerangselatankota.go.id. Dengan demikian setiap tahunnya akan mendapatkan e-SPPT PBB dengan cepat, mudah dan bebas biaya secara otomatis melalui e-mail,” kata Kepala Bidang PBB dan BPHTB Bapenda Kota Tangsel Indri Sari Yuniandri saat ditemui di kantor Bapenda, Kamis (7/9/2017).

Indri juga melanjutkan, wajib pajak (WP) yang sudah teregistrasi melalui sistem SIMPPEL dan telah mengetahui nilai pajak terhutangnya, dapat membayar pajak melalui SMS Banking Mandiri, e-banking mandiri, internet banking bjb dan klik BCA dan sebagai alternatif tempat pembayaran tersedia loket pembayaran PBB setiap hari Sabtu Minggu dan melalui Loket Keliling Pembayaran PBB.

“Saat ini begitu mudah untuk pembayaran PBB. Kita sediakan pelayanan berbasis internet, SMS, ataupun loket PBB pada hari Sabtu-Minggu. Jadi bukan alasan lagi WP tidak bisa bayar PBB,” lanjutnya.

Ia juga menerangkan agar masyarakat tidak perlu khawatir dengan produk e-SPPT PBB yang berbeda dengan SPPT PBB sebelumnya, karena SPPT PBB bukan merupakan bukti kepemilikan namun sebagai Surat Pemberitahuan berapa besarnya pajak yang harus dibayar.

Meski program ini telah diluncurkan, pihaknya masih tetap menghimbau masyarakat agar segera melunasi PBB. Karena kesadaran masyarakat untuk membayar PBB merupakan upaya memajukan pertumbuhan Kota Tangsel.

“Untuk mempermudah mendapatkan informasi tagihan dan histori pembayaran PBB masyarakat juga dapat mengakses melalui SMS Gayeway PBB dengan cara ketik NOP <spasi> Nomor NOP yang tertera pada SPPT PBB kemudian kirim ke 081210101070 atau unduh aplikasi iPBB Tangsel untuk HP berbasis Android,” pungkasnya. (ADV)


2 COMMENTS

  1. Situs e-sppttangerangselatan untuk regiater WP PBB
    Tidak bisa digunakan, kelihatannya situs tangerang selatan kota tidak dikelola dengan lebih profesional.

  2. Betul sekali, situs e-sppttangerangselatan untuk regiater WP PBB tidak bisa digunakan. Sudah habis waktu sekitar 45 menit untuk isi dan register tetapi tidak bisa lanjut ke langkah berikut. Mohon perhatian dari pihak pengelola.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here