Home Berita 50 Kasus Narkoba di Tangsel Terkait Anak Di Bawah Umur

50 Kasus Narkoba di Tangsel Terkait Anak Di Bawah Umur

0

Dari sekira 400 kasus penyalahgunaan narkotika dan obat berbahaya di Kota Tangerang Selatan, sebanyak 50 kasus di antaranya terkait anak di bawah umur.

Jumlah sebanyak 50 kasus tersebut merupakan yang sudah ditangani pihak berwajib pada tahun ini.

Plt Kepala Dinas PemberdayaanMasyarakat Perlindungan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DMP3AKB) Tangsel, Khairati menjelaskan, besarnya angka penyalahgunaan narkoba menunjukkan Kota Tangsel masih sebagai zona merah atau daerah darurat narkoba.

“Tahun kemarin terdapat 200 kasus dan tahun ini kurang lebih 400 kasus. Dari 400 kasus tersebut 50 orangnya adalah anak dibawah umur,” ungkapnya lagi.

Disebutkan Khairati, sebagian besar dari anak di bawah umur penyalahgunaan narkoba itu masih berada di beberapa lembaga permasyarakatan (Lapas) anak.

“Ketika keluar (dari Lapas selesai menjalani pembinaan) kita akan langsung memanggil tim psikologi dan bekerja sama dengan lembaga masyarakat untuk langsung mengkonsling mereka,” kata Khairati.

Menurutnya, bekerja sama dengan Lapas untuk mengkonseling anak di bawah umur penyalagunaan narkoba tersebut penting dilakukan agar anak yang baru keluar menjalani proses hukuman tidak kembali menggunakan barang haram tersebut.

“Kalau segi psikologi mereka tidak dibenahi dan mereka lepas dari pantauan, dikhawatirkan mereka akan kembali terjerat narkoba dan mereka dikurung lagi,” tukasnya.(Ban)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here