Home Berita Sumur Sentul di Kemiri Tapak Tilas Ulama Banten

Sumur Sentul di Kemiri Tapak Tilas Ulama Banten

0

Sumur Sentul di Kampung Santri RT 02/03, Desa Klebet, kecamatan Kemiri, Kabupaten Tangerang, selalu ramai pengunjung.

Sumur ini diyakini merupakan tapak tilas para ulama Banten pada masa penjajahan kolonial.

Diceritakan pengurus Sumur Sentul, Ustad Hanafi (65), ulama Banten itu ketika dikepung oleh pasukan Belanda sampai ke kampung santri yang dulu kala masih hutan. Sesampainya di kampung ini, para ulama tersebut di antaranya Syech Khaerun, Syech Mansyur dan Syech Barmawi istirahat hingga kemudian melihat air Sumur Sentul dan diminum untuk dijadikan tempat kumpul ulama Banten berjuang melawan Belanda.

Pengunjung Sumur Sentul selalu ramai, khususnya sejak keturunan Syech Khaerun yaitu Abuya Uci Turtusi (pimpinan pondok pesantren Al istiqlaliyah Cilongok Pasarkemis) berziarah ke tempat ini.

“(Ada) pengajian mingguan, sehingga banyak masyarakat berdatangan untuk ziarah. Bukan saja warga Tangerang, tapi sudah Nusantara bahkan dari Singapura dan Malaysia,” ujarnya.

Hanafi menambahkan, sejumlah pesohor hingga artis banyak mengunjungi sumur. “Sumur Sentul merupakan hanya wasilah saja. Semoga dengan adanya tapak tilas sumur sentul bisa bermanfaat dan barokah untuk masyarakat Tangerang dan Banten umumnya bagi penziarah yang ingin mendapatkan karomah dari Sumur Sentul,” terangnya.(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here