Home Berita Mengenal Armada Foam Tender Bandara Soetta

Mengenal Armada Foam Tender Bandara Soetta

0

Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) dilengkapi dengan berbagai jenis kendaraan khusus, salah satunya Foam Tender Type 1. Kendaraan ini merupakan kendaraan utama yang digunakan dalam operasi pertolongan kecelakaan penerbangan.

Adapun jumlah Foam Tender type 1 yang dimiliki Bandara Soetta adalah sebanyak 6 unit. Kendaraan ini tergolong canggih, dimana setiap unitnya membawa tiga buah tangki yang berisi bahan pemadam utama yaitu water (air), foam (busa) dan DCP (dry chemical powder) atau pemadam api berupa tepung kimia.

“Setiap armada Foam Tender type 1 ini dapat membawa air sebanyak 12.500 liter, 1.596 liter foam dan 500 kilogram DCP,” kata Security, Rescue, & Fire Fighting Senior Manager Bandara Soetta, Tommy Hadi Bawono kepada TangerangOnline.id di Bandara Soetta, Tangerang, Senin (8/2/2018).

Selain itu, Foam Tender type 1 ini juga memiliki Discharge Rate (rata-rata pancaran busa) 5.496 liter per menit. Juga dapat menyemburkan air sebanyak 7.381 liter per menit.

“Jangkauan pancaran ataupun semburan kendaran ini mencapai 75 sampai dengan 80 meter. Kemampuannya dapat menangani pesawat terbesar yang dilayani di Bandara Soekarno-Hatta saat ini seperti Boeing 747-400 dan Airbus 777,” ujar Tommy.

Foam Tender type 1 ini ditempatkan di 3 Station Bandara Soetta yakni di Main fire station (PKPPK), fire station 1 (Runway Selatan) dan fire station 2 (Runway Utara).

“Kendaraan jenis ini yang kita gunakan dalam menyambut pesawat (penerbangan baru) atau water Salute,” kata Tommy.

Selain Foam Tender type 1, Bandara Soetta juga dilengkapi dengan kendaraan Foam Tender type 2 sebanyak 4 unit. Jenis ini kemampuan dan kapasitasnya lebih kecil dari type 1.

Kelengkapan serta jenis kendaraan Foam Tender ini sesuai dengan Peraturan Dirjen Perhubungan Udara KP. 14 tahun 2015. Bahwa bandara harus dilengkapi kendaraan Foam Tender yang terdiri dari 6 buah tipe dimana masing-masing tipe memiliki perbedaan kapasitas tangki dan pompanya.

Bandara Soetta saat ini memiliki 10 unit Foam Tender yang terdiri dari 6 unit Foam Tender Type I dan 4 unit Foam Tender tipe 2.

Selain itu, PKP-PK juga dibantu oleh 1 unit Comando Car, 1 unit Mobile Command Post, 2 unit Transporter, 2 unit Fire pumper, 1 unit Nurse Tender, 3 unit Ambulance, 1 unit Bird Strike, 1 unit Surveillance, dan 1 unit Utility truck.

“Semua mobil pemadam tersebut beroperasi guna memenuhi PKP – PK kategori 9 yang dipersiapkan untuk Bandara Soekarno-Hatta. Sebenarnya armada kita memenuhi kategori 10 yang dapat menangani pesawat terbesar saat ini yakni Airbus A380,” jelas Tommy.

Saat ini, Bandara Soetta baru melayani pesawat berbadan besar (wide body) jenis Airbus A330 dan Boieng 747-400. Kemampuan PKP-PK sendiri sudah mampu menangani pesawat jenis Airbus A380. Namun pesawat jenis ini belum dilayani di Bandara Soetta. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here