Home Berita Dua Wanita Thailand Kedapatan Bawa 2 Kg Sabu di Bandara Soetta

Dua Wanita Thailand Kedapatan Bawa 2 Kg Sabu di Bandara Soetta

0

Dua wanita berkewarganegaraan Thailand diamankan oleh petugas Bea Cukai sesaat setelah mendarat di Terminal 2D Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Kamis (8/2). Ialah BB (36) dan SB (36).

Mereka diamankan petugas lantaran kedapatan membawa 4 bungkus narkotika jenis Sabu dengan berat bruto 2.402 gram. BB dan SB merupakan penumpang pesawat Thai Lion Air SL-118 dengan rute Bangkok – Jakarta.

Kepala Bea Cukai Bandara Soetta, Erwin Situmorang menjelaskan, terungkapnya upaya penyelundupan ini berawal dari kecurigaan petugas saat melihat tampilan atau hasil image X-ray dari tas pelaku. Dilakukanlah pemeriksaan yang mendalam.

“Dari hasil pemeriksaan, petugas kami mendapati 4 buah paket Sabu dengan berat total 2.402 gram yang disembunyikan di dalam ransel tersebut,” kata Erwin di Kantor Bea Cukai Bandara Soetta, Tangerang, Selasa (27/2/2018).

Menurut Erwin, barang haram tersebut didapatkan oleh pelaku dari seorang pria berkewarganegaraan Nigeria. WN Nigeria itu pun kini menjadi buronan aparat.

“Dari pengakuan salah satu pelaku, Sabu tersebut didapatkan dari suaminya yang merupakan warga negara Nigeria,” ungkapnya.

Dari hasil penegahan tersebut, petugas Bea Cukai berkoordinasi dengan Polres Bandara Soetta guna melakukan controlled delivery.

Sementara itu, Kapolresta Bandara Soetta Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan menjelaskan, sehari kemudian atau Jumat (9/2), hasil pengembangan diamankan 2 orang laki-laki warga negara Indonesia dengan inisial MG dan HT.

“Keesokan harinya, kami kemudian mengamankan MG dan HT selaku penerima barang di daerah Jakarta Barat,” ungkap Yusep.

Tak hanya sampai disitu, tim gabungan kemudian melanjutkan pengembangan. Dari hasil pengembangan tim ini kembali mengamankan 2 orang laki-laki yakni, FG dan RJP di daerah Depok, Jawa Barat.

“Dari tangan kedua tersangka FG dan RJP, kami mengamankan sebanyak 2.834 gram ganja kering siap edar,” ungkap Yusep.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, keenam tersangka terancam hukuman mati, penjara seumur hidup dan pidana penjara maksimal 20 tahun sesuai dengan pasal 114 ayat 2 jo pasal 132 ayat 2 UU nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here