Home Berita GIICOMVEC 2018 Menjadi Barometer Baru Pasar Kendaraan Komersial

GIICOMVEC 2018 Menjadi Barometer Baru Pasar Kendaraan Komersial

0

Perhelatan GIICOMVEC (GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo) 2018, pameran otomotif gelaran GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) yang dilangsungkan di Hall A dan Hall B Jakarta Convention Center (JCC) telah berakhir pada Minggu, 4 Maret 2018. Selama empat hari perhelatan, mulai tanggal 1-4 Maret 2018, pameran GIICOMVEC yang berkonsep business-to-business telah mendapat apresiasi yang baik dari publik, industri kendaraan komersial dan pendukungnya serta asosiasi terkait.

GIICOMVEC juga telah diapresiasi oleh pemerintah melalui Kementerian Perindustrian sebagai salah satu barometer baru bagi perkembangan industri kendaraan bermotor komersial di Indonesia. Menurut Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto, “Dengan adanya GIICOMVEC 2018 akan memberikan peran penting dan kegairahan bagi industri kendaraan komersial di tanah air.” Menurutnya kehadiran GIICOMVEC menunjukkan kemampuan industri kendaraan komersial nasional sudah cukup kuat.

Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO, penyelenggaraan GIICOMVEC perdana pada tahun ini menjadi sebuah kebanggaan bagi GAIKINDO. “Merupakan kebanggaan bagi kami bahwa, pada tahun 2018, dapat mewujudkan komitmen untuk mendorong pertumbuhan industri otomotif Indonesia dengan menyelenggarakan pameran berkonsepbusiness to business (BtoB) yang fokus pada industri kendaraan komersial.”

Gelaran perdana GIICOMVEC 2018, menargetkan 3.000 potential buyer yang merupakan pelaku industri dari berbagai industri seperti transportasi, logistik, konstruksi dan infrastruktur, komoditas migas dan non-migas, termasuk batubara, minyak dan gas serta peternakan, kehutanan, retail, wholesalerdan lainnya untuk mengunjungi dan melakukan transaksi di area pameran. dan selama empat hari penyelenggaraannya, GIICOMVEC telah berhasil mencatatkan kedatangan sebanyak 10.607 visitor.

Rizwan Alamsyah, Ketua III GAIKINDO, sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GIICOMVEC 2018 menyambut baik bahwa pencapaian positif penyelenggaraan GIICOMVEC perdana, yang sesuai dengan sasaran GAIKINDO, “GIICOMVEC menjadi ajang yang penting bagi industri kendaraan komersial Indonesia, dengan kehadiran teknologi dan produk terkini dari peserta menjadi daya tariknya,” ujar Rizwan. Informasi teknologi dan produk terkini dari sektor kendaraan komersial yang dihadirkan GIICOMVEC dapat menjadi informasi yang dapat memenuhi kebutuhan pasar, menjadi ajang pertemuan perusahaan industri komersial dan pengunjung potensial.

Dukungan Peserta untuk Event Mendatang

Sebagian besar peserta merasa pameran GIICOMVEC yang baru pertama kali diadakan pada tahun ini telah memberikan semangat baru dalam bisnis industri kendaraan komersial dan industri pendukungnya. Seperti halnya dikatakan oleh Budi Kurniawan selaku Sales Area Manager Industri Jawa Tengah & DIY Pertamina Lubricants, “Dengan adanya GIICOMVEC ini, menurut kami sangat cocok bagi portofolio bisnis kami. Karena sasarannya lebih ter-segmented untuk industri, dengan mayoritas segmen flip yang merupakan salah satu pasar besar bagi kami. Sebaiknya juga diadakan secara rutin. Kami juga akan mengambil peluang jadi bagiannya.”

Hal yang sama diungkapkan oleh peserta GIICOMVEC dari industri pendukung kendaraan komersial. Salah satunya dari brand Dunlop yang memproduksi ban untuk berbagai jenis kendaraan. “Awalnya kami tidak memiliki ekpektasi mengingat Ini event pertama GIICOMVEC. Ternyata respon pengunjungnya bagus, terus yang datang ke booth kami juga banyak. Untuk kedepannya, seharusnya  perserta bus dan truknya lebih banyak  lagi sehingga produk pendukung seperti Dunlop ini akan ikut juga. Karena mereka adalah pasar kita,” papar Hartono, Advertising & Promotion Manager Dunlop melalui siaran pers tertulisnya.

GIICOMVEC 2018 yang didukung oleh 14 APM kendaraan komersial, 5 perusahaan karoseri, serta industri pendukungnya seperti ban, spare part, dan oli, telah menjadi sarana yang tepat untuk meluncurkan produk-produk kendaraan komersial terbaru. Pameran perdana ini juga mendapat dukungan positif dari Asosiasi Karoseri Indonesia  (Askarindo), Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo), Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI), dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo).

Besarnya animo peserta dan dukungan yang besar dari berbagai pihak telah memperkuat niat GAIKINDO untuk kembali menghadirkan pameran GIICOMVEC sebagai pameran rutin.

“Sebagai pameran berkonsep bisnis yang khusus menampilkan produk kendaraan komersial, kami merasa bangga penyelenggaraan perdana GIICOMVEC mendapatkan testimoni positif dari para peserta pameran dan pengunjung. Kami berharap dapat menyelenggarakan GIICOMVEC berikutnya dengan lebih baik dan lebih beragam serta dengan acara pendukung yang menambah wawasan bagi para visitor,” kata Romi, Presiden Direktur Seven Event, organizer yang ditunjuk GAIKINDO selaku pelaksana pameran. (Kor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here