Home Berita Petugas BKIPM Jakarta I Gagalkan Penyelundupan Sirip Hiu di Bandara Soetta

Petugas BKIPM Jakarta I Gagalkan Penyelundupan Sirip Hiu di Bandara Soetta

0
SHARE

Balai Besar Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Jakarta I kembali menggagalkan upaya penyelundupan puluhan kilogram sirip hiu. Sedikitnya 90 kilogram sirip hiu diamankan.

Sirip hiu senilai puluhan juta tersebut diamankan di Terminal Kargo Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Senin (23/3) lalu. Rencananya sirip hiu itu dikirim ke Maros, Makassar.

Kepala BKIPM Jakarta I, Habrin Yake mengatakan, pengungkapan penyelundupan sirip hiu tersebut berawal dari kecurigaan petugas terhadap dokumen rekomendasi yang dilaporkan. Setelah diteliti, surat tersebut ternyata palsu.

“Dokumennya palsu. Secara kasat mata juga jelas palsu. Sehingga kami mengamankan 6 boks yang didalamnya terdapat 90 kilogram sirip hiu tersebut,” kata Habrin kepada tangerangonline.id di kantornya, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (16/4/2018).

Dirinya menjelaskan, setiap sirip hiu yang akan dilalulintaskan baik di dalam maupun ke luar negeri harus memiliki surat rekomendasi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“Pelaku sengaja membuat surat rekomendasi untuk mengelabui petugas. Padahal setiap surat rekomendasi yang diterbitkan secara resmi otomatis ditembuskan ke seluruh balai karantina ikan se- Indonesia,” ungkap Habrin.

Selain surat rekomendasi yang palsu, pelaku penyelundupan juga mencatut nama perusahaan eksportir hasil perikanan. BKIPM Jakarta I kemudian berkoordinasi dengan Polresta Bandara Soetta.

“Karena ini sudah merupakan pidana umum, maka kita berkoordinasi dengan kepolisian. Perusahaan eksportir hasil perikanan yang namanya dicatut ikut melaporkan,” ungkap Habrin.

Kasus pemalsuan dokumen tersebut kini tengah dalam penyelidikan pihak kepolisian. Sementara puluhan kilogram sirip hiu diamankan oleh BKIPM Jakarta I. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here