Home Berita Lapas Pemuda Gelar Assessment Peningkatan Kompetensi

Lapas Pemuda Gelar Assessment Peningkatan Kompetensi

0

Sebanyak 215 pegawai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pemuda Kelas II A Tangerang, ikut ‘Assessment’ untuk meningkatkan kompetensi kemampuan petugas lapas.

Assessment uji psikologis tersebut berlangsung di dalam aula Pondok Pesantren AT – Taubah yang berada di Block C, Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang.

Kalapas Pemuda Kelas IIA Tangerang Jumadi mengatakan, dirinya sedang mempersiapkan SDM yang ada, karena Lapas Pemuda Kelas II A Tangerang akan di canangkan menjadi projek untuk Lapas Pendidikan dan Lapas Pelatihan.

“Dengan begitu, kami akan tahu pegawai mana yang cocok ditugaskan dibidangnya. Jadi semacam bank data nantinya,” ujar Jumadi, Selasa (25/09/2018).

Kalapas menjelaskan, assessment tersebut hasilnya adalah semacam penilaian kepribadian dalam rangka menunjang Lapas Medium Security yang tujuannya adalah Lapas untuk pendidikan dan pelatihan.

“Dalam hal ini kita dapat melihat, menggali potensi dari peserta yang ikut assessment, intinya kita ingin tahu secara psikologi potensi mereka masing – masing,” tuturnya.

“Dimana kedepannya akan kita cari, petugas – petugas yang tepat untuk ditempatkan. Karena nanti kita akan di tunjuk sebagai Lapas Pendidikan. Tentunya, kita akan membuat pelatihan yang akan kita buat di masing – masing tempat yang sudah ada kejuruannya,” imbuhnya.

Sementara, Unit Koordinator Seleksi Dinas Psikologi TNI AU (DISPSIAU) Novita menambahkan, dalam assessment tersebut ada 8 sub tes psikologi yang di ikuti oleh para pegawai termasuk aspek kepribadian.

“Ini lebih kepada profileling sikologis pegawai lapas, berbeda dengan kompetensi assessment yang cenderung kepada penilaian melaksanakan  proses apa yang sudah dikerjakan selama bekerja,” tukasnya. (Amd)