Home Berita Airin Buka Pelaksanaan Tes Kebugaran Calon Haji 2019

Airin Buka Pelaksanaan Tes Kebugaran Calon Haji 2019

0

Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany membuka pelaksanaan tes kebugaran bagi calon jamaah haji (Calhaj) Kota Tangsel tahun 2019 di Tandon Ciater, Serpong, Tangsel, Selasa (29/1/2019).

Tes kebugaran ini merupakan rangkaian pelaksanaan jamaah haji untuk memenuhi kesehatan, kebugaran tubuh saat haji disamping kesiapan finansial dan mental serta kesiapan pengetahuan dan pemahaman mengenai rangkaian ibadah.

“Tes kebugaran ini bertujuan memonitoring kesehatan calon jamaah haji,” kata Airin.

Ia juga mengucapkan kepada calhaj untuk bersyukur atas kesempatan yang diberikan oleh Allah untuk pergi ke Baitullah dan menunaikan rukun Islam yang kelima.

“Kita semua yang mendapat kesempatan patut bersyukur, karena masih banyak diantara saudara-saudara kita yang seharusnya berangkat pada tahun ini, akan tetapi harus tertunda keberangkatannya karena sesuatu dan lain hal,” ucapnya.

Sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 15 tahun 2016 tentang istithaah kesehatan haji dalam rangka memberikan perlindungan terhadap jemaah haji agar dapat melaksanakan ibadahnya sesuai dengan ketentuan syariat islam.

“Ini sebuah proses yang harus dilakukan, untuk memberikan pelayanan kepada bapak ibu, dan memotret kondisi kesehatan bapak ibu, mumpung masih ada waktu untuk menjalankan pola hidup sehat,” ujarnya.

Sementara, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Deden Deni mengatakan, tes kebugaran ini bertujuan mengetahui ketahanan dan kekuatan fisik jamaah. Seperti salah satu tes kemampuan itu adalah tes kebugaran dengan metode Tes Jalan Rockport.

“Tes Jalan Rockport merupakan salah satu metode yang biasa dipakai untuk menilai kesanggupan kardiovaskuler saat beraktivitas fisik dengan mengestimasi kapasitas aerobik. Orang yang dites diminta berjalan secepat mungkin (sesuai kesanggupan) sejauh 1600 meter, lalu dihitung waktu tempuhnya (dalam menit) dan denyut nadinya dalam satu menit. Tes ini dapat dilakukan pada semua orang, baik pria maupun wanita, setelah dinyatakan aman untuk melakukannya oleh dokter,” jelasnya.

Dalam acara itu, Dinas Kesehatan menerjunkan 8 dokter. “Kita menyiapkan 8 dokter untuk memeriksa sebanyak 693 orang calon jamaah haji,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Kemenag Tangsel Abdul Rozak menambahkan, tahun ini sebanyak 1163 calon jamaah haji yang akan berangkat ke tanah suci Mekah.(ris)