Beranda Berita Warga Serua Antusias Buat Kartu Identitas Anak

Warga Serua Antusias Buat Kartu Identitas Anak

0

Warga Serua berdesak-desakan mengantri untuk membuat Kartu Identitas Anak (KIA) yang diselanggarakan di kantor kelurahan Serua, Kecamatan Ciputat, Rabu (30/1/2019).

Diketahui, dari informasi yabg dihimpun, diperkirakan kurang lebih sebanyak 800 lebih warga yang hadir.

“Warga itu dari subuh sudah stay di sini, sekitar jam 8 warga sudah sampai ke jalan-jalan, karena jumlah 800 itu kan hanya anak saja. Sedangkan anak itu pasti bersama bapak dan ibunya. Jadi jumlah keseluruhan itu sekira 1.600. Malah ada yang dari Pamulang itu ke sini ikut perekaman, tapi tidak kita layani karena itu melanggar,” ujar Cecep selaku Lurah Serua itu saat diwawancara awak media.

Pantauan awak media di lokasi warga sangat antuasias dalam mengikuti pembuatan KIA. Bahkan warga rela berdesak-desakan dan panas-panasan demi mendapatkan nomor antrian lebih dahulu.

“Meski panas-panasan, alhamdulillah warga tidak ada yang mengalami pingsan atau gejala penyakit lainnya. Jadi bisa dibilang acaranya lancar,” jelas Cecep.

Ia mengatakan, pembuatan KIA tersebut sangat penting karena dengan memiliki kartu ini anak bisa teridentifikasi dengan cepat bila terjadi kehilangan atau hal-hal yang tidak diinginkan lainnya. Selain itu, pada saat anak hendak memasuki sekolah tidak perlu lagi membawa kartu keluarga dan yang lainnya, melainkan cukup dengan melampirkan KIA.

“Perekaman KIA itu dibikin dari mulai sang anak umur 0 sampai 17 tahun berdasarkan Permendagri no 20 Tahun 2016 tentang KIA,” lanjutnya.

Cecep menjelaskan, bila anak yang berumur 0 sampai 5 tahun, KIA tidak disertai foto, namun yang berumur lebih dari itu sampai 17 tahun, KIA disertai Foto.

Yuni (32) salah satu wrga yang membuat KIA anaknya mengatakan, dirinya merasa terbantu dengan adanya program tersebut karena dapat mempermudah proses administrasi anak pada saat sekolah. Dengan adanya KIA semua anak di Indonesia dari yang bayi sampai dewasa terdata ke pusat. Jadi bukan hanya anak yang sudah mempunyai Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) saja yang terdata.

“Saat ini kan anak-anak yang terdata ke pusat itu cuma anak-anak yang sudah mempunyai NISN atau yang sudah sekolah. Nah dengan KIA ini bahkan yang masih bayi pun terdata. Jadi kita merasa nyaman aja,” kata Yuni.

Disamping itu, lanjut Yuni, berkat KIA banyak keuntungan lainnya di luar sekolah seperti dapat diskon 20% ketika makan di restoran cepat saji. “Terus ketika main di tempat hiburan anak, dan banyak sih,” tutup Yuni.(Ban)