Beranda Berita BPK Banten Kenalkan Pembaruan Aplikasi Siskeudes 2.0

BPK Banten Kenalkan Pembaruan Aplikasi Siskeudes 2.0

0

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Banten mengenalkan pembaruan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) 2.0 kepada puluhan kepala desa wilayah Kabupaten Tangerang di Gedung Serba Guna PuspemKab Tangerang, Rabu (20/02/2019).

Ketua BPK Provinsi Banten, M. Masykur mengatakan, penggunaan aplikasi tersebut lebih mudah dioperasikan. Sehingga pengelolaan keuangan desa dapat tertata dengan rapih dan transparan.

“Bedanya yang lama dengan yang baru ya tidak jauh beda, kalau yang sekarang online jadi ngecek di handphone juga bisa. Tidak ada kesulitan dalam aplikasi ini sangat sangat mudah karena sejak tahun 2015 ini sudah kita uji coba di daerah Mamasa Sulawesi Barat, apalagi di Kabupaten Tangerang daerah kota seperti ini,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa dengan menggunakan aplikasi ini selain sebagai alat pengawasan internal Kementerian Desa terhadap seluruh pemerintah desa di Indonesia dalam pengelolaan keuangan dan dana desa juga memebentuk kedispilanan pegawai desa.

“Kalau terlambat input nah itu kan berati tergantung kedisiplinan desa ya, jadi pada saat transaksi dilakukan harus segera di input jangan ditunda-tunda. Kalau sehari mungkin masih ingat tapi kalau sudah sampai berminggu-minggu apa ya lupa. Nah itu kan jadinya nanti SPJ terlambat,” jelasnya.

Lanjut Maskyur, dampak dari SPJ terlambat adalah penyaluran dana dari Kabupaten ke desa terhambat dan bisa juga sampai di stop pengiriman dana ke desa yang terlambat menyerahkan SPJ.

Sedangkan menurut Mas Agung M Noor Sub Auditorat BPK Banten mengatakan evaluasi kali ini lebih mendorong ke Pemerintah Daerah untuk melakukan pembinaan secara optimal kepada desa.

“Jadi BPK meminta para Audit Pemda agar memperhatikan tentang SPJ nya ya. Jadi memastikan para sekertaris bendahara itu bisa mengoperasionalkan aplikasi Siskeudes ini,” tutupnya. (Ais)